Sukses

Sepeda Motor Populer di Indonesia, Namanya Berbeda di Luar Negeri

Meski desain bodi, mesin dan performa sama, suatu produk bisa memiliki nama yang berbeda di beberapa negara.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai produk sepeda motor telah dirakit bahkan diproduksi di Indonesia. Dengan begitu, para pemegang merek yakin produk yang diluncurkan sangat cocok untuk pasar otomotif nasional.

Namun tak semudah membalikkan telapak tangan, sebab untuk menentukan produk apa yang dipasarkan, ternyata mengalami proses yang cukup alot, termasuk saat menentukan sebuah nama.

Sebab, meski desain bodi, mesin dan performa sama, suatu produk bisa memiliki nama yang berbeda di beberapa negara. Penggunaan nama dianggap harus sesuai agar membawa hoki atau keberuntungan.

Mau tahu sepeda motor apa saja yang booming di Indonesia, tapi memiliki nama berbeda di luar negeri? Berikut di antaranya;

Honda

Revo dan Blade merupakan nama yang dipakai Honda untuk salah satu motor bebeknya bermesin 110 cc di Indonesia. Motor ini juga memiliki kembaran di mancanegara dengan nama yang berbeda.

Revo ternyata punya kembaran di Malaysia, namanya Wave. Sementara itu, Honda Blade di Negeri Jiran dikenal sebagai Honda Wave Dash.

Adapun untuk motor bebek Honda bermesin 125 cc di Indonesia dikenal dengan nama Supra X. Motor ini punya kembaran, bernama Future 125.

Selain itu, Honda Supra X di Vietnam, juga berubah nama jadi Winner 125, yang tentu artinya jika dalam bahasa Inggris pemenang.

Sedangkan di benua Biru, Eropa, Supra X memiliki nama berbeda, yakni Honda Innova. Terang saja, jika hendak mencari Innova di Eropa, jangan heran Anda diarahkan ke dealer motor Honda, bukan dealer mobil Toyota.

Skuter matik (skutik) Honda Vario juga namanya berubah di Thailand. Ya, skutik ini disebut Click (baca: klik) atau artinya cocok.

 

Yamaha

Skutik dari Yamaha memang cukup tenar di Indonesia. Tak heran Yamaha Mio masuk dalam salah satu skutik terlaris di Indonesia.

Tingginya peminat Mio, ternyata tercium sampai di negeri seberang Malaysia. Uniknya, di negeri Jiran, skutik ini dijual dengan nama Yamaha Ego.

Sama seperti disini, Yamaha Malaysia menjual beragam varian Ego seperti Ego S yang kita kenal sebagai Mio Soul GT.

Perbedaannya yaitu Ego S dimensinya lebih besar dan tidak dilengkapi gril layaknya Soul GT. Model ini juga dilengkapi dengan reflektor di spakbor belakang untuk memenuhi regulasi.

Ada juga Yamaha MX King. Di pasar Vietnam dan Thailand, motor ini dikenal dengan sebutan Exciter 150 yang artinya menimbulkan ketertarikan.

Selain itu, jika si Kebo, motor sport touring yakni Yamaha Byson, maka di India motor ini dikenal dengan kode huruf, yakni Yamaha FZ.

 

Suzuki

Suzuki memiliki model ayam jago yang populer di Indonesia, juga terkenal hingga ke Malaysia. Di negara tetangga itu, Satria berganti nama yang cukup unik yaitu Belang R150.

Spesifikasi antara Belang R150 atau Satria Fu 150 sama persis. Motor ini mengusung mesin 4 tak DOHC 147 cc dan dilengkapi dengan air-oil cooled. Keduanya juga dilengkapi dengan electric dan kick starter.

Perbedaan antara keduanya hanyalah pada pilihan warna. Belang R150 lebih sedikit. Satria FU150 dilengkapi dengan empat varian warna (hitam, merah, putih, dan biru), Belang R150 hanya tersedia dalam tiga warna (merah, putih, dan hitam).

Di Thailand, sepeda motor underbone ini dijual dengan nama Raider.


Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.