Sukses

Mobil dengan Odometer Terjauh, Setara Kelilingi Bumi 120 Kali

Pernahkah terpikir oleh Anda, seperti apakah kendaraan yang punya jarak tempuh terjauh? Yang di odometernya mencatatkan angka mencengangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah terpikir oleh Anda, seperti apakah kendaraan yang punya jarak tempuh terjauh? Yang di odometernya mencatatkan angka mencengangkan.

September 2013 lalu, seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat (AS) bernama Irvin "Irv" Gordon memecahkan rekor dunia mobil dengan jarak tempuh terjauh, hampir 5 juta kilometer. Mobil tersebut adalah Volvo 1800S berkelir merah, klasik, lansiran tahun 1966.

Dikutip dari laman resmi Guinnessworld, guinnessworldrecords.com, disebutkan bahwa Irv mengendarai mobilnya setiap hari, di mana rata-rata per tahun mencapai 140 ribu sampai 160 ribu km. Saat rekor dicatatkan, odometer menunjukkan angka 3,039 juta mil atau setara 4,89 juta km.

Disebutkan jarak sejauh itu bisa tercapai karena mobilnya banyak dipajang di pameran, baik di tingkat lokal, regional, ataupun di level internasional. Setiap kali pameran, mobil akan dikendarai langsung, tanpa memanfaatkan jasa pengangkut.

Jarak terjauh yang pernah mobil ini lewati dalam satu kali perjalanan adalah 4.810 km, dari New York ke Vancouver.

Jika sulit membayangkan seberapa jauh 4,89 juta km itu, maka gambarannya begini: lingkar bumi di bagian khatulistiwa (jarak terjauh) saja hanya 40.075 km. Dengan persamaan itu, mobil ini sebetulnya hampir mengelilingi bumi sebanyak 120 kali.

Adapun Irv membeli Volvo ini pada 30 Juni 1966, ketika usianya baru menginjak 25 tahun, dengan harga US$ 4.150, atau setara dengan gaji setahun penuh di masa itu.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.