Sukses

Mengenal Varian Mesin Toyota yang Beredar di Indonesia

Bagi penggemar mobil raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, pasti tidak asing dengan mesin K Series.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penggemar mobil raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, pasti tidak asing dengan mesin K Series. Mesin ini sangat sukses di pasar otomotif Tanah Air, berkat kepopulerannya bersama Toyota Kijang.

Namun, seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, Toyota telah menciptakan line-up mesin yang lebih canggih, seperti mesin diesel VNT (Variable Nozzle Turbo), VVT-i, dan Dual VVT-i.

Melansir dari laman resmi Toyota Astra Motor (TAM), untuk varian mesin diesel VNT yang digunakan di Grand New Toyota Fortuner dan All New Toyota Hilux adalah teknologi mesin diesel modern yang mampu meningkatkan daya dan torsi yang besar.

Sementara itu, varian mesin VVT-i (Variable Valve Timing-Intelligent) merupakan teknologi mesin yang mengatur sistem kerja katup. Dengan pemasukan bahan bakar (intake) secara elektronik, baik waktu maupun ukuran buka tutup katup.

Dengan begitu, bahan bakar sesuai dengan besaran putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Sementara itu, untuk Dual VVT-i yang saat ini digunakan duo LMPV Toyota, yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Mesin Dual VVT-i memiliki penyesuaian waktu camshaft intake dan exhaust. Mesin mobil yang memiliki teknologi dual VVT-i pengaturan saat bukaan klep bekerja secara penuh, serta bekerja secara maksimal yang akan menyesuaikan pada temperatur yang ideal.

Pada waktu mesin sudah mencapai suhu mesin optimal, waktu bukaan klep exhaust dapat disesuaikan dengan bukaan mesin.

Sementara, VNT yang dipakai Grand New Toyota Fortuner dan All New Toyota Hilux Diesel merupakan teknologi mesin diesel modern yang diaplikasi oleh Toyota untuk varian kendaraan dengan mesin solar. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.