Sukses

Tips Lewati Jalur Tol Fungsional

Jalan tol fungsional telah dibuka untuk mudik dan dapat ditempuh kendaraan sip, sedan, dan minibus, dengan kecepatan kurang dari 50 km/jam.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Lebaran 2017, sejumlah ruas jalan tol fungsional (JTF) sudah boleh dilewati kendaraan golongan satu seperti jip, ,sedan dan minibus. Namun, karena JTF statusnya darurat dan kondisinya belum 100 persen sempurna, pemudik diimbau ekstra berhati-hati.

Ruas JTF berada setelah gerbang Brebes Timur atau Brexit memiliki panjang 105 km hingga sampai Gringsing, sekitar 40 km sebelum Semarang. Perlu dicatat, hindari melewati jalur tol fungsional malam hari.

Kondisi ruas JTF juga belum mulus seperti tol pada umumnya. Tak heran masih ada jalan bergelombang dan debu-debu berterbangan sehingga dapat mengganggu penglihatan. Karena itu, laju kendaraan diimbau hanya dipacu dengan kecepatan kurang dari 50 km/jam

Di ruas JTF hanya ada delapan tempat istirahat yang kapasitasnya kecil dan diperkirakan akan terjadi over capacity di musim mudik lebaran 2017. Ruas JTF sendiri telah dibuka mulai 19 Juni 2017.

Karena itu, pihak perusahaan kontraktor jalan tol Waskita Toll Road (WTR) dalam keterangan tertulisnya, memberikan beberapa tips sebelum memasuki JTF, yakni:

  1. Pastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup.
  2. Membawa makan dan minuman yang cukup.
  3. Lengkapi dengan sejumlah obat-obatan pribadi.
  4. Pastikan kondisi kendaraan prima.
  5. Fokus pada rambu-rambu petunjuk pintu keluar darurat yang mengarah tujuan mudik.
  6. Gunakan aplikasi Google atau Waze untuk mengetahui posisi. Tentunya pastikan membawa power bank yang fully charged.
  7. Pada kondisi malam hari, ekstra hati-hati pada sikon jalan karena pagar pengaman belum terpasang.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.