Sukses

Solusi Otomotif: Motor Ngeden Habis Lewat Genangan

Setelah motor melewati genangan tiba-tiba ngeden. Apa penyebabnya?

Saya punya motor Honda BeAT ESP tahun 2016. Kemarin saya melewati genangan air yang cukup dalam tapi tidak sampai knalpot. Tiba-tiba motor saya jadi ngeden, digas suara mesin sudah kenceng tapi jalannya masih pelan. Lama kelamaan dia normal jalannya. Terus bila mesin dimatiin/dihidupkan ada suara 'kresek' di bagian kipas yang dekat knalpot.

--Rohimsyah--Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta -

Dear Rohimsyah

1. Setelah melewati genangan tiba-tiba motor jadi ngeden (mesin tidak bertenaga).

Hal ini dikarenakan air masuk kedalam komponen CVT sehingga memperberat putaran Drive Pully dan Driven Pully. Efeknya mesin tetap menyala dan berputar hanya saja tidak dapat bergerak/berputar dengan cepat (slip) untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang karena  tertahan oleh air sehingga operasional  mesin menjadi ngeden (mesin tidak bertenaga).  Ketika air yang masuk ke dalam CVT sudah kering maka mesin akan berputar normal karena tidak ada hambatan yang menahannya.

2. Penyebab timbul bunyi suara kresek-kresek di bagian kipas deket knalpot ?

Untuk hal ini perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut di area tersebut, karena pada saat melewati genangan bisa saja ada sesuatu yang masuk ke area ini, sehingga ketika kipas berputar akan bergesekan dan menimbulkan bunyi.

Demikian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

Salam,

Venus Adha



Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF

Nama :

Usia:

Lokasi :

Pertanyaan :

Nomor Telepon :

Alamat Lengkap :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.