Sukses

Lorenzo Tuding Layout Baru Catalunya Menguntungkan Honda

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, beranggapan layout baru sirkuit Catalunya bakal lebih menguntungkan Honda.

Liputan6.com, Barcelona - Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, beranggapan layout baru sirkuit Catalunya bakal lebih menguntungkan Honda.

Sirkuit Catalunya, Barcelona, memang sudah direvisi menyusul kecelakaan musim lalu yang menewaskan pembalap Moto2, Luis Salom, di tikungan 12.

Sebagai tindakan pencegahan, sirkuit Catalunya beralih ke versi trek Formula 1. Dengan menggunakan layout F1, tikungan 10 dan chicane baru setelah tikungan 13.

"Sulit bagi Ducati dan Yamaha. Honda lebih pendek dan memiliki ketangkasan lebih," jelas Lorenzo. "Mereka (Honda) jauh lebih cepat di tikungan, cepat pada gigi pertama, dan menikung lebih baik," tambah juara dunia lima kali ini, seperti dikutip Motorsport.com, Sabtu (27/5/2017).

Pekan ini, Ducati, Honda, dan Aprilia bersama tim satelit tengah berada di Barcelona untuk melakukan tes selama dua hari. "Sektor terakhir dibuat untuk Honda. Mereka lebih cepat 0,3 detik. Namun, dari sisa trek, kami baik-baik saja. Kami sangat mirip dengan mereka," jelas pembalap asal Spanyol tersebut.

Sementara itu, rekan setim pembalap bernomor 99 ini, Andrea Dovizioso, chicane baru tidak begitu menyenangkan untuk dilintasi. Namun, fakta layout baru lebih aman dibandingkan sebelumnya, dan pihak penyelenggara telah membuat keputusan yang tepat.

Juara bertahan, Marc Marquez, turut memberikan pendapat terkait layout baru Catalunya. Meskipun, baik dirinya dan rekan setimnya, Dani Pedrosa, mengalami kecelakaan saat melakukan tes.

"Teknik untuk melintasi layout baru ini sangat berbeda, karena sirkuit ini satu kecepatan, satu jenis tikungan, dan kemudian sama sekali berbeda. Jujur saja, saya menyukainnya. Aneh, tapi saya suka menyukainya," papar Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini