Ganti Komponen Ini, Tenaga Motor Bebek Bisa Makin Galak

Oleh Arief Aszhari pada 18 Mei 2017, 06:10 WIB
Sepeda motor bebek

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik motor bebek yang merasa performa motornya kurang 'galak', dan berniat untuk meningkatkan tenaga tanpa bore-up, bisa mengganti beberapa part di motor kesayangan. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.

Dijelaskan Farid, dari Bengkel Em-Push Racing, yang beralamat di Jalan Raya Pondok Kacang, Nomor 12, Pondok Kacang, Tangerang Selatan, untuk meningkatkan tenaga motor bebek agar lebih enak digunakan harian, bisa dari segi mesin.

"Kita tetap main di silinder head, ganti per klep, dan noken as. Tujuannya, agar buka tutup klep lebih sempurna, jadi tarikan bawahnya bisa lebih enak," jelas Farid, saat berbincang dengan Liputan6.com, di bengkelnya, Rabu (17/5/2017).

Lanjut pria ramah ini, selain mesin bagian kopling juga harus mendapatkan perhatian khusus, agar tarikan motor lebih enak.Untuk komponen ini, bisa mengganti per kopling dan kampas kopling.

"Kalau mau lebih enak lagi, ganti CDI racing untuk motor karbu, atau ECU racing untuk motor injeksi," tambahnya.

Lebih lanjut, penggantian rasio gir atau biasa disebut final gear (depan dan belakang) juga sangat mempengaruhi akselerasi motor. "Biar kinerja mesin lebih ringan, bisa menaikan mata gir belakang dua atau tiga mata dari gir standar atau bawaan pabrik," tegasnya.

Nah, langkah selanjutnya untuk menaikkan tenaga mesin juga bisa dengan mengganti knalpot. "Kalau ganti knalpot saja sudah bisa naik 2 Tk, dan ditambah mengganti bagian mesin bisa ganti 4 sampai 5 Tk. Saya sendiri belum hitung naik berapa, tapi sekitar segitu," pungkasnya.