Sukses

Mesin 2-Tak Belum Habis, KTM Pakai Buat 2 Motor Enduro Barunya

250 EXC TPI dan 300 EXC TPI, motor baru KTM 2-tak berteknologi injeksi.

Liputan6.com, Mattighofen - KTM resmi memperkenalkan sepeda motor enduro baru bernama 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI di negeri asalnya, Austria, Rabu (16/5/2017) kemarin.

Ini bukanlah motor enduro biasa. KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI adalah sepeda motor offroad pertama di dunia yang menggunakan mesin 2-tak fuel-injection. Demikian seperti yang dikutip dari laman motorcyclenews.com.

Dikatakan, dua model ini menggunakan Transfer Port Injection. Ini adalah dua injektor yang dibenamkan ke dalam port silinder. Mekanisme ini disebut dapat mengurangi konsumsi bahan bakar, serta membuat mesin lebih halus.

Motor ini juga akan menggendong Engine Management System dan ECU baru yang memakai sensor untuk menentukan waktu pengapian dan injeksi bahan bakar yang sempurna.

Dua model ini menarik sebab hampir semua pabrikan meninggalkan mesin 2-tak karena tidak mampu memenuhi standar emisi. Dalam hal ini, KTM punya jawaban sendiri.

"Kami di KTM berkomitmen untuk mengembangkan teknologi yang revolusioner, dan dengan dua model ini kami merasa permainan sekali lagi berubah, dan ini adalah yang pertama di dunia," ujar Joachim Sauer, Product Marketing Off-road KTM.

Semua proses pengembangan dilakukan di pusat riset di Mattighofen, Austria. Pengembangannya sendiri memakan waktu cukup lama.

Dua model baru dari KTM ini bakal hadir di dealer Juni nanti, tentu terlebih dahulu di negara asalnya dan mungkin di Eropa. KTM belum melansir harganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.