Adu Jago Yamaha V-Ixion dan Honda CB150R StreetFire

Oleh Sigit Tri Santoso pada 14 Mei 2017, 19:00 WIB
Yamaha V-Ixion

Liputan6.com, Jakarta Motor sport 150 cc menjadi entry level yang bergengsi. Desain dan rancang bangun sangat diperhatikan di luar soal performa mesin. Baru saja Yamaha mengeluarkan V-Ixion dengan embel-embel "R" untuk menggoda penggemar Honda CB150R StreetFire.

Kedua motor itu selalu menjaga gengsi masing-masing brand. Terakhir StreetFire mengeluarkan edisi khusus yang terjadi tahun lalu.

Honda CB150R StreetFire Special Edition warna Honda Racing Red hadir dengan rangka teralis dan pelek berwarna hitam dipadu dengan wheel stripe berkarakter sporti merah putih. Sementara itu warna Raptor Black memiliki rangka teralis dan pelek berwarna merah, dan Hi-grade Golden Engine color.

Dua varian spesial ini juga mendapat visor dan undercowl untuk menambah sisi aerodinamika. Mesin tidak berubah, masih mempertahankan 150 cc, DOHC 4 katup, 6 kecepatan, berpendingin cairan (liquid-cooled).

Sementara Yamaha di IIMS 2017 menampilkan kasta tertinggi V-Ixion. Shroud dibuat lebih panjang dan dibuat menyatu dengan tangki. Selain itu, all new V-Ixion juga dilengkapi under cowl, engine cover serta spakbor belakang dengan desain terbaru. Beberapa fitur baru juga disematkan, seperti lampu hazard, speedometer digital yang bisa menyapa dan bisa diganti sesuai keinginan pemilik. Lampu utama V-Ixion sudah menggunakan LED, pun demikian dengan lampu belakangnya.

Perbedaan lainnya ukuran ban belakang yang lebih besar, shift timing light, muffler, dan terdapat jalur kabel USB charger. Model ini tersedia tiga pilihan warna, yakni Matte Red Black, Blue Silver dan Green White.

Mesin V-Ixion R juga memiliki spesifikasi berbeda dengan varian standar yang menggunakan mesin 4-tak SOHC berkapasitas 149,8 cc berkekuatan 12,2 kW pada 8.500 rpm dengan torsi 14,5 Nm.

Sementara V-Ixion R mengusung mesin 4-Tak SOHC berkubikasi 155,1 cc yang sanggup menyeburkan tenaga 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm.

Nah menurut Anda, di antara dua motor tersebut mana yang paling menawan hati, baik secara desain maupun teknis? Tentukan pilihan Anda di sini: