Mesin Honda Beat Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki

Oleh Sigit Tri Santoso pada 13 Mei 2017, 06:03 WIB
Solusi Otomotif: Honda Beat Loyo di Tanjakan
Motor saya Honda Beat tahun 2011 . Sistem pengapiannya kan AC ya pak. Awalnya motor saya mesinnya bisa hidup meski tanpa accu. Motor saya pake dan tersendat2 meski di rpm bawah.Tiba2 mesin motor mati dan gak bisa hidup. Dan sekarang motor saya gak bisa hidup kalo meski gak pake accu. Apa kerusakan dari motor saya pak. Terima kasih banyak. --Tri Sutrisno-- Cisarua

Liputan6.com, Jakarta  

Dear Tri,
Perlu saya sampaikan bahwa untuk unit sepeda motor Honda Beat tahun 2011 sistem pengapiannya adalah AC.  Sistem kelistrikannya bergantung pada spull yang digerakan oleh poros engkol mesin. Sistem kelistrikan ini akan mengikuti putaran mesin, ciri-cirinya bisa kita lihat pada lampu utama/headlamp. Jika arus AC (Alternating Current), maka redup dan terangnya lampu akan mengikuti putaran mesin, jika dalam keadaan stasioner/langsam maka cenderung redup. Apabila  putaran engine dalam rpm tinggi maka lampu akan semakin terang.

Pada sistem pengapian AC ketika accu dicopot (tidak dipasang) maka mesin masih bisa menyala. Hal ini dikarenakan dari pabrikan sudah diseting jika supply arus DC dari aki tidak ada maka secara otomatis spull akan mengirimkan arus ke kiprok dan dari kiprok langsung diteruskan ke CDI dan lampu. Mesin tetap masih bisa hidup, akan tetapi arus listrik yang dikeluarkan oleh spull tidak sestabil yang dikeluarkan oleh accu sehingga mesin akan brebet dan lampu menjadi redup ketika di rpm bawah/stasioner. Kondisi ini dikarenakan ketergantungan dari putaran mesin, semakin tinggi rpm semakin stabil mesin dan nyala lampu semakin terang.

Dan efek dari tidak dipasang accu ini  akan menyebabkan kiprok akan menerima beban kerja yang over. Lama-lama kiprok akan cepat rusak dan akan mengakibatkan spull juga ikut rusak sehingga mesin sulit untuk dihidupkan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha


Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF

Nama :

Usia:

Lokasi :

Pertanyaan :

Nomor Telepon :

Alamat Lengkap :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.