Sukses

Ini Manfaat Lain Penggunaan Peredam Mobil Selain Atasi Bising

Selain menahan kebisingan ada beberapa manfaat lain mempertebal peredam seperti menahan getaran.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kenyamanan pada mobil yaitu bagian kabin terasa tak bising alias senyap. Jauh dari suara kasar mesin, suara ban yang menyentuh aspal dan kendaraan dari luar.

Namun, teknisi PT Audio Workshop, Soli menuturkan, penggunaan peredam pada mobil tidak hanya mengurangi suara bising, tetapi berbagai ada fungsi lainnya.

“Biar enggak panas dan enggak terasa getar juga,” ucap Soli saat ditemui beberapa waktu lalu.

Soli mengungkapkan, meski terkena panas terik matahari, bahan peredam tidak akan mengalami masalah. Sebaliknya, bahan tersebut akan semakin melekat, fleksibel, dan wangi.

Jika peredam digunakan di bagian panel pintu, tentu fungsinya akan berbeda. Di mana bagian pintu yang terkena lontaran batu, akan mengurangi kejadian fatal.

Karena itu, Soli mengatakan, meski sejumlah mobil Eropa telah dilengkapi berbagai fitur yang memberikan kenyamanan, namun tak sedikit yang tetap menambah peredam.

Sedangkan untuk mobil dengan harga murah, Soli berpendapat, meski telah menggunakan peredam, namun materialnya masih sangat tipis.

“Kalau emang dia (konsumen) sudah ngerasain pakai peredam, dia pasti ketagihan pakai lagi,” ujarnya.

Soli menyatakan, tidak ada perawatan khusus peredam . Asalkan tidak pernah mengalami tabrakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini