Sukses

Jangan Asal Pasang Peredam Mobil, Bisa Fatal Akibatnya

Karena alasan keselamatan, penggunaan peredam mobil tidak boleh 100 persen senyap.

Liputan6.com, Jakarta - Berstatus mobil baru, belum pasti mendapatkan fitur dan teknologi lengkap. Termasuk dalam hal kekedapan di dalam kabin.

Bagi yang mengerti urusan kenyamanan mobil, salah satu cara yang dilakukan adalah menambah lembaran peredam di bagian dalam agar lebih senyap.

Namun demikian, Teknisi PT Audio Workshop, Soli, mengatakan, penggunaan peredam pada tidak boleh 100 persen senyap.

“Karena ini sangat berbahaya. Paling tidak penggunaan peredam 70-75 persen. Kalau 100 persen fatal dong, enggak boleh kedengaran ada suara klakson, atau lainnya dari luar,” ucap Soli saat ditemui beberapa waktu lalu.

Soli tak menampik, saat ini mobil yang paling sering menambahkan peredam yakni pada golongan mobil yang harganay relatif terjangkau.

“(Pemasangannya) tergantung kemauan customer-nya, misalkan dia mau pintunya saja, kanan kiri ya kita tutup dua lembar. Soal harga sekitar Rp 460 ribuan,” ujarnya.

Adapun jika memasang peredam full, harga yang dipatok bisa mencapai Rp 12,7 juta. Harga tersebut juga tergantung ukuran mobil dan jenis peredam yang digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini