Sukses

Toyota Klaim Land Cruiser SUV Tercepat di Dunia

Toyota Land Speed Cruiser, SUV tercepat hasil modifikasi.

Liputan6.com, California - Toyota Land Cruiser bukanlah mobil untuk beradu cepat. Mereka yang membelinya condong melihat mobil ini sebagai kendaraan serbaguna yang tidak hanya bisa diandalkan di jalanan beraspal saja.

Tapi Toyota Amerika Serikat (AS) punya pikiran lain. Mereka memodifikasi mobil ini sedemikian rupa dan mengklaim ubahan tersebut sekaligus menjadikan Toyota Land Cruiser sebagai sport utility vehicle (SUV) tercepat di dunia.

Dilaporkan CNN, ada beberapa ubahan yang dilakukan. Yang paling mencolok adalah "penanaman" dua turbo besar pada mesin standar pabrikan, 5,7 liter V8 bertenaga 381 Tk. Tenaga mesin meningkat lebih dari lima kali lipat, mencapai 2.000 Tk.

Selain mesin, suspensinya juga dibuat lebih rendah agar tak banyak udara yang mengalir dari bawah, serta penggunaan ban yang lebih lebar.

Pembuktian sebagai SUV tercepat kemudian dilakukan di Mojave Air and Space Port, California. Dengan mantan pembalap NASCAR bernama Carl Edwards di balik setir, mobil ini kemudian digeber di lintasan sejauh 4 kilometer.

Pada percobaan pertama, Edwards "hanya" mampu membuat mobil melaju 339,5 km/jam. Setelah semua turbo diaktifkan, mobil kembali melaju, kali ini kecepatannya sampai 370,1 km/jam. Nama Land Cruiser berubah jadi Land Speed Cruiser.

"Ini sangat cepat," ujar Chuck Wade, Manajer di Toyota Motorsports Technical Center (MTC).

Perlu dicatat, meski Land Speed Cruiser benar-benar merupakan SUV paling cepat, namun ini sifatnya tetap hanya klaim karena tidak dicatatkan secara resmi di lembaga pencatatan rekor internasional. Ditambah lagi, ini adalah hasil modifikasi.

Sementara SUV non modifikasi tercepat sampai saat ini masih dipegang oleh Bentley Bentayga. Mobil mahal ini bisa melaju sampai 300 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini