Sukses

Sistem Kusut, Dealer Terima 6 Ribu Mobil Baru dari Pabrik

Kejadian aneh dialami dealer Fiat Chrysler.

Liputan6.com, Milan - Dealer mobil Fiat Chrysler Automobiles (FCA) di Italia mengalami kejadian aneh baru-baru ini. Mereka tiba-tiba menerima 6.000 mobil baru dari pabrikan, padahal tidak memesannya.

Sistem kerja pabrikan-dealer memang demikian. Biasanya pabrikan baru akan menerima mobil jika memang dipesan dealer. Namun ini justru tidak terjadi di kasus FCA.

Dilaporkan Automotive News, kejadian ini diketahui setelah salah satu dealer mengecek management system mereka di akhir Februari. Ada jumlah yang aneh, 6.000 unit model Tipo masuk ke dalam inventori yang mereka miliki.

Angka ini setara dengan 90 juta euro atau sama dengan Rp 1,27 triliun.

"Kami tidak memesan Tipo," ujar juru bicara salah satu dealer. Sebaliknya, mereka justru mengatakan bahwa sejauh ini "Tipo kami (stoknya) berlebihan".

Menurut juru bicara yang tidak disebutkan namanya itu, sejauh ini model Tipo memang penjualannya sedang sulit. Hanya 4.000-an unit yang terjual dalam sebulan.

Stok model ini juga cukup banyak. Di beberapa dealer persediannya bahkan diprediksi cukup untuk 9 bulan ke depan.

Setelah kasus ini, hubungan antara FCA dan dealernya menegang. Apalagi dealer menolak untuk memberitahu identitasnya karena takut akan reaksi keras pihak pabrikan. FCA sendiri belum memberikan komentar terkait protes ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.