Sukses

Lampu Canggih Masa Depan Motor Suzuki

Suzuki mengajukan rancangan sistem peringatan baru melalui lampu LED yang kompleks dan bisa disesuaikan.

Liputan6.com, London - Suzuki mengajukan rancangan untuk sistem peringatan baru melalui lampu LED yang kompleks. Lampu ini dapat membuat penglihatan pengendara lebih baik, serta jadi alarm bagi pengguna jalan lainnya.

Paten yang diajukan ke lembaga paten di Inggris pada 19 April ini menujukkan bahwa sistem ini terpasang pada model GSX. Meski begitu, Suzuki memastikan bahwa sistem ini dapat dipasang pada sepeda motor apapun, termasuk matik.

Lantas bagaimana cara kerjanya?

Berdasarkan penjelasan pada laman morebikes, diakses Jumat (21/4/2017), diketahui bahwa secara sederhana ini adalah sistem yang memungkinkan arah lampu LED (yang jumlahnya ada empat) menyesuaikan diri dengan beragam kondisi.

"Satu dari tiga proyektor utama (depan, kanan, dan kiri) bereaksi terhadap apa yang terjadi pada sepeda motor. Lampu lainnya bisa berubah secara otomatis merespon kendaraan yang ada di dekat sepeda motor," terang laman tersebut.

Satu proyektor utama itu menerangi ke depan, sementara dua proyektor lainnya, yang berada di sisi kanan dan kiri dekat tangki bahan bakar, menerangi sisi.

Pada kecepatan yang lebih tinggi, lampu ini secara otomatis memproyeksikan cahaya lebih jauh ke depan. Sementara pada tikungan, lampu samping akan menyala sehingga baik tikungan sisi luar atau dalam bisa terlihat lebih baik.

Sementara proyektor belakang, dengan memanfaatkan sensor, akan mengeluarkan warna merah solid sebagai indikator bagi kendaraan lain yang dinilai terlalu dekat. Lampunya akan berbentuk "X". Lampu akan mati kalau kendaraan lain jaraknya menjauh.

Tidak ada indikasi kapan sistem ini akan dipasangkan di sepeda motor produksi massal. Mungkin saja baru akan terealisasikan dalam beberapa tahun ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.