Sukses

Tips Beli Cash Sepeda Motor Tanpa Harus Dipermainkan Sales Nakal

Liputan6.com, Jakarta Bagi konsumen yang hendak membeli motor secara tunai atau cash, kerap kali dipersulit oleh oknum sales nakal. Bahkan, secara terang-terangan, oknum sales tersebut menawarkan pembelian kredit agar konsumen tidak perlu inden lama.

Tidak hanya satu merek, hampir semua merek roda dua di Tanah Air memiliki masalah yang sama, dan terjadi berulang-ulang.

Menanggapi hal tersebut, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, memberikan beberapa tips agar tidak dibohongi oleh oknum sales nakal tersebut.

"Pertama, cek harga di website resmi pabrikan, kemudian pergi ke dealer. Dealer itu kerap kali memberikan diskon, dari pada menaikan harga. Beli cash, bisa diskon dikitlah, mungkin Rp 500 ribu atau Rp 200 ribu, tergantung negosiasi," jelas Dyon saat berbincang dengan wartawan di Pulogadung, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Lanjut Dyon, untuk tips selanjutnya pastikan membeli kendaraan di dealer resmi, dan jangan melalui perantara agar mendapatkan jaminan aftersales service selama tiga tahun.

"Jadi kalau ada masalah apa-apa, garansi enak bisa digunakan di dealer dan gratis. Servis bisa teratur. Kalau perawatan teratur, bisa trade-in dan harganya tidak jatuh, karena dealer tahu kondisi motornya," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Kemudian, saat di dealer resmi pilih sales yang menggunakan baju seragam di sales counter, dan jangan yang tidak. Pasalnya, di dealer resmi juga banyak berkeliaran sales lain dengan istilah calo leasing.

"Jangan juga membeli dengan perantara, karena perantara itu kadang menyebut gampang urusnya, tanpa KTP, tanpa apa, itu tidak aman. Nanti bisa ditilep uangnya," pungkasnya Dyon.

Sementara itu, pihak Yamaha juga sudah menggaransi, jika ada calon konsumen yang dipersulit saat membeli cash langsung laporkan ke call center yang tertera di website, yaitu 021-24575555 atau 021-4616995 atau sms di 08111080090 dan email contact_center@yamaha-motor.co.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.