Sukses

Toyota Buat Mobil Terkoneksi dengan Jaringan 5G

Toyota akan mengembangkan mobil terhubung berbasis jaringan 5G.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota Motor Corp terus berinovasi. Pabrikan terbesar asal Jepang ini mengatakan akan mulai mengembangkan mobil-terhubung (connected cars) yang dilengkapi dengan jaringan internet 5G.

Untuk bisa melakukan ini, mereka menjalin kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Nippon Telegraph and Telephone (NTT). Riset dan pengembangannya akan mulai dilakukan tahun depan. Demikian seperti yang dilaporkan Nikkei.

Bukan tanpa alasan Toyota menggaet NTT. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini adalah pemimpin pengembangan 5G. Mereka juga bagian dari jejaring internasional perusahaan teknologi yang bertugas untuk mengembangkan standar internasional 5G.

Menurut NTT, teknologi 5G akan hadir di tengah masyarakat pada 2020. Dengan ikut mengembangkannya sekarang, Toyota tidak akan tertinggal.

Sebagai gambaran saja, dibanding dengan 4G yang eksis sekarang, generasi 5G akan meningkatkan kecepatan konektivitas sampai sepuluh kali lipat. Dengan router berjaringan 5G, kecepatan internet bisa mencapai 4 gigabits per detik.

Sebelum dengan NTT, Toyota sudah berkolaborasi dengan operator ponsel domestik bernama KDDI. Dalam kerja sama ini, Toyota mengembangkan mobil terhubung via 4G. Kerja sama ini akan berlanjut ketika jaringan 5G ditemukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini