Sukses

100 Ribu Mobil Mazda2 Buatan Thailand Bermasalah

Mazda (Sales) Thailand Co mengumumkan penarikan terhadap lebih dari 100 ribu mobil di Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Mazda (Sales) Thailand Co mengumumkan penarikan terhadap lebih dari 100 ribu mobil di Thailand. Mobil asal Jepang ini terindikasi rusak di bagian airbag yang diproduksi oleh Takata Corp.

Sejak beberapa tahun lalu airbag Takata memang sudah ketahuan bermasalah. Tak hanya Mazda, pabrikan lain yang menggunakan produk mereka juga melakukan penarikan. Termasuk di antaranya pabrikan Jepang lain seperti Honda dan Toyota.

Lebih spesifik, sebagaimana dilaporkan Bangkok Post, penarikan berimbas pada 102.296 unit model yang dibuat antara 2004 sampai 2014. Model terbanyak yang akan ditarik adalah Mazda2. Ada 101.436 unit yang akan diperbaiki.

Sementara yang paling sedikit adalah Mazda6. Jumlah yang akan ditarik hanya empat unit. RX-8 kebagian 20 unit. Sisanya, Mazda CX-9 dan BT-50 masing-masing 126 dan 710.

Untungnya, Mazda mengklaim sejauh ini belum ada kecelakaan atau cedera karena kasus ini. Pada kasus-kasus yang telah terjadi, airbag dapat meledak dan justru mencelakai pengemudi dan penumpang saat momen kecelakaan terjadi.

Sebagian besar model yang terkena dampak ini juga dijual di Indonesia. Namun demikian, pihak importir resmi, dalam hal ini Eurokars Motor Indonesia pengganti Mazda Motor Indonesia (MMI) belum memberikan informasi apapun.

Pemilik Mazda dipersilakan untuk membawa kendaraannya untuk pemeriksaan dan penggantian di Mazda service center tanpa biaya apapun. Mazda juga telah mengirimkan surat elektronik pada para pemilik yang modelnya terkena penarikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini