Sukses

Solusi Otomotif: Aki Tekor Tenaga Drop, Kok Bisa?

Apakah aki/battery tekor berpengaruh ke tenaga mesin? Mari kita terlusuri.

Apakah aki/battery tekor berpengaruh ke tenaga mesin (mesin menjadi tidak bertenaga) pada Vario Karburator ? -Safiuddin-

Liputan6.com, Jakarta Dear Pak Safiuddin, saya coba menjawab pertanyaan Anda sebagai berikut:

Untuk beberapa saat pemakaian, apabila aki/ battery tekor tidak mengakibatkan tenaga mesin berkurang dan bahkan tanpa battery terpasang tenaga mesin masih normal. Tapi akan mengakibatkan rectifier/kiprok akan rusak.

Hal ini perlu dicarikan penyebab kenapa battery tekor dan juga mesin menjadi ngedrop. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan lebih detail, terutama pada sistem kelistrikan yang dikhawatirkan ada korsleting kabel dan juga rangkaian terbuka yang menyebabkan battery tekor. Hal ini bisa membuat sistem pengapian menjadi tidak normal, buntutnya tenaga mesin menurun. Juga lakukan pengecekan apakah ada pemasangan aksesoris di luar standar pabrik yang bisa mengganggu kinerja dari sistem kelistrikan.

Sebagai informasi tambahan agar tenaga mesin bisa berfungsi maksimal, harus dipastikan sistem ini dapat berfungsi dengan normal, antara lain: sistem kelistrikan, sistem bahan bakar dan tekanan kompresi pada ruang bakar.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha

--

Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF

Nama :

Usia:

Lokasi :

Pertanyaan :

Nomor Telepon :

Alamat Lengkap :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini