Sukses

Toyota, Honda, dan Ford, Tiga Raja Mobil Hybrid di AS

Tiga pemain utama mobil hybrid di AS adalah Toyota, Honda, dan Ford.

Liputan6.com, Detroit - Amerika Serikat (AS) adalah salah satu negara maju dengan tingkat konsumsi mobil ramah lingkungan seperti hybrid yang relatif tinggi. Dari merek-merek yang berkompetisi, siapakah yang paling berkuasa?

Melansir responsejp.com, Rabu (1/2/2017), tiga pemain utama mobil hybrid di AS adalah Toyota, Honda, dan Ford.

Di antara seluruh model hybrid yang dijual di sana, Toyota Prius sukses jadi yang terlaris di AS. Tahun lalu, penjualannya mencapai angka 136.632 unit. Meski terbesar, namun sebetulnya angkanya turun hingga 26 persen dibanding 2015.

Model Toyota lainnya, Camry Hybrid, terjual sebanyak 22.227 unit, atau turun 27,5 persen. Beberapa model yang mengalami kenaikan adalah RAV4 Hybrid, serta Highlander Hybrid, yang masing-masing terjual 45.009 serta 5.976 unit.

Penurunan penjualan juga dialami oleh Honda. Civic Hybrid misalnya, turun bahkan hingga 82 persen ke angka 894 unit saja.

Sementara mobil sport CR-Z, turun 24 persen menjadi hanya 2.338 unit saja. Lalu ada pula Accord Hybrid, yang penjualannya terus menerus turun. Tahun lalu mobil ini hanya terjual 9.179 unit, atau turun 17 persen dibanding periode sebelumnya.

Yang terakhir adalah Ford Motor. Tak beda jauh dengan Toyota, mobil hybrid mereka ada yang mengalami penurunan, namun ada pula yang naik. Ford Fusion misalnya, mengalami kenaikan mencapai 40 persen atau setara 33.648 unit yang terjual.

Di Indonesia sendiri, mobil hybrid sendiri belum menjadi pilihan utama, modelnya pun masih sedikit. Mobil hybrid relatif lebih mahal ketimbang mobil berbahan bakar konvensional sehingga hanya sedikit orang yang mampu membelinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini