Sukses

Solusi Otomotif: Bunyi `Bletak-Bletak` di Suspensi Depan Vario

Suspensi depan Honda Vario mengelurkan bunyi `bletak-bletak` ketika melewati jalan bergelombang. Kenapa dan apa solusinya?

Saya pengguna Honda Vario 110, kenapa shockbreaker depan bunyi 'bletak-bletak' kalau lewat jalan gelombang, apalagi kalau lewat polisi tidur. Saya sudah mengganti oli shock depan, tapi masih terjadi seperti itu. Ternyata, bukan saya saja, teman saya yang pakai BeAT 110 juga merasakan kondisi serupa. Kira-kira kenapa ya bisa terjadi? Mohon penjelasan dan solusinya -Denny-

Liputan6.com, Jakarta - Dear mas Denny,

Terima kasih atas pertanyaan mengenai shockbreaker depan yang bunyi “bletak-bletak” kalau melewati jalan bergelombang apalagi melewati polisi tidur pada Vario 110.

Sebelum memastikan shockbreaker depan atau Front Fork yang bermasalah, perlu juga dilakukan pemeriksaan pada part yang lain karena ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bunyi tersebut, misalnya; komstir kendur atau aus, bearing roda depan aus atau bisa juga dari caliper yang aus.

Apabila sudah dipastikan sumber bunyi terjadi di front fork (garpu suspensi depan), maka ada beberapa hal yang menimbulkan bunyi tersebut antara lain:
- Volume oli berkurang atau di bawah standar (volume oli standart 61 +/- 1 cc)
- Pastikan panjang pegas front fork tidak di bawah standar (panjang standart pegas : 292.5 mm)

Demikian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.


Salam,

Venus Adha

==
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini