Sukses

Teknologi Peredam Getaran Mesin Mazda Raih Penghargaan

Teknologi Natural Sound Smoother milik Mazda yang mempu meredam getaran dan suara berisik mendapat penghargaan,

Liputan6.com, Tokyo - Teknologi Natural Sound Smoother milik Mazda berhasil memenangkan 14th Annual New Machinery Development Awards' Ministry of Economy, Trade and Industry Award, kemarin (26/12/2016) lusa.

Penghargaan ini diberikan kepada siapapun yang dianggap berkontribusi terhadap kemajuan dan perluasan penerapan teknologi dalam industri, terutama yang sudah berada di level riset dan pengembangan tingkat atas.

Dilaporkan responsejp.com, dikutip Rabu (28/12/2016), Natural Sound Smoother adalah teknologi yang dapat menyerap getaran yang disebabkan oleh ketukan Diesel.

Disebutkan, ketukan itu sendiri berasal dari gerakan piston saat mesin melakukan pembakaran. Alat ini akan terpasang di pin piston. Bentuknya yang fleksibel membuat Natural Sound Smoother menyerap getaran secara signifikan.

Dengan teknologi ini, selain getaran berkurang, frekuensi suara juga menjadi lebih kecil, yaitu sekira 3,5 KHz.

Mazda sendiri mengklaim merekalah pabrikan pertama di dunia yang menciptakan teknologi seperti ini. Adapun salah satu model yang telah dilengkapi dengan ini adalah CX-5. Mobil ini dibanderol di atas Rp 400 jutaan.

Ini bukanlah kali pertama mesin Mazda memperoleh penghargaan. Sebelumnya, Skyactiv-G dinobatkan sebagai mesin dengan rasio kompresi paling tinggi, ada pula mesin Skyactiv-D yang mendapat penghargaan sebagai mesin Diesel bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.