Sukses

Power Window Rewel, Cuma karena Soal Kecil

Mobil-mobil keluaran tahun 1990-an rata-rata sudah dilengkapi dengan teknologi power window untuk membuka setiap kaca pada pintu mobil.

Liputan6.com, Jakarta Mobil-mobil keluaran tahun 1990-an rata-rata sudah dilengkapi dengan teknologi power window untuk membuka setiap kaca pada pintu mobil. Namun, seiring dengan bertambahnya usia mobil, fitur satu ini kadang bermasalah atau rusak.

Ada beberapa penyebab rusaknya motor power window mobil, salah satunya adalah kotoran yang mengendap di lapisan bludru yang terdapat di karet kaca bawah. Lapisan tersebut berfungsi untuk membersihkan kotoran pada kaca agar tidak masuk ke dalam motor. Nah karena fungsinya untuk membersihkan, tentu akan ada banyak kotoran yang mengendap di lapisan bludru itu.

“Kalau lapisan bludru tersebut kotor, tentu akan membuat kaca jadi berat untuk naik turun. Ketika berat, tentu kinerja motor power window akan lebih berat dan cenderung panas. Ketika dilanjutkan akan berpotensi motor terbakar kemudian rusak,” ujar Asti Dwi Panca, Service Manager Suzuki Veteran kepada Carvaganza.

Cara membersihkannya sangat mudah. Jika Anda ingin membersihkannya sendiri di rumah, Anda bisa melepas karet tersebut kemudian mencuci karet beserta lapisan bludrunya. Atau Anda bisa dengan menggunakan sabun cuci yang dioleskan ke kaca kemudian kaca dinaikkan dan turunkan.

“Namun, jika Anda melakukan servis berkala ke dealer resmi, perawatan power window akan termasuk ke-23 item pengecekan. Pengecekan tersebut bersifat gratis meski konsumen hanya mengganti oli mesin saja,” tambah Asti.

Dalam servis berkala tersebut, pembersihan kaca akan menggunakan cairan khusus yang dapat membersihkan sekaligus memberikan perlindungan karena memiliki cairan lapisan untuk kaca.

(tito)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini