Sukses

Jepang Siapkan Zona Khusus untuk Mobil Tanpa Sopir

Partai Demokrat Liberal Jepang mengusulkan perlakukan khusus pada mobil otonomos pada zona deregulasi khusus.

Liputan6.com, Tokyo - Partai Demokrat Liberal Jepang mengusulkan perlakukan khusus untuk mobil otonomos pada zona deregulasi khusus.

Mengutip Asia Nikkei, Kamis (1/12/2016), partai yang sedang berkuasa itu mengusulkan bahwa semua peraturan tentang mobil otonomos akan dihilangkan sama sekali jika memasuki kawasan khusus. Termasuk pelarangan uji coba dalam rangka riset.

Sebelumnya, pada Mei lalu Badan Kepolisian Nasional Jepang resmi melarang adanya uji coba mobil otonomos di jalanan umum. Semua uji coba kendaraan harus difasilitasi oleh orang yang ada di balik kemudi untuk mencegah kecelakaan.

Menurut mereka, proposal kebijakan yang diajukan berpotensi mereformasi struktur hukum di negara tersebut.

Deregulasi juga diharapkan bisa mendorong ekonomi regional, yang diprediksi nilai investasinya mencapai 1 triliun yen dalam tiga tahun ke depan.

Pemerintah berencana menunjuk sekira 2.000an perusahaan sebagai kekuatan pendorong untuk pertumbuhan ekonomi regional tersebut. Mereka akan dibantu, terutama dalam hal kemudahan birokrasi dan pinjaman yang diberikan lembaga keuangan.

Sebagai tambahan, selain pelarangan, polisi juga sedang menggodok beberapa aspek lain dari mobil otonomos. Misalkan, siapa yang akan bertanggung jawab secara hukum kalau terjadi kecelakaan, atau bagaimana aspek keamanan dari para peretas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini