Honda Pastikan CR-V Terbaru Masuk Indonesia Tahun Depan

Oleh Gesit Prayogi pada 25 Nov 2016, 05:11 WIB

Liputan6.com, Karawang - Honda Prospect Motor (HPM) memastikan akan memboyong CR-V generasi terbaru tahun depan. Sayangnya, Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM Jonfis Fandy belum bisa memastikan perihal tanggal pastinya.

"Rencananya CR-V tahun depan. Tapi belum final waktunya. Semua harus dipersiapkan," ucap Jonfis di Karawang, Jawa Barat, Kamis (24/11/2016).

Hingga saat ini, HPM juga masih melakukan persiapan, mulai dari riset pasar hingga memikirkan aspek purna jual dan training ke teknisi mereka.

Sebagaimana diketahui, Honda CR-V yang menyasar segmen medium SUV mendapat penambahan fitur baru. Honda CR-V  menggunakan platform yang sama dengan Civic, namun 3 cm lebih panjang dengan penambahan wheelbase sebesar 4 cm. Selain itu, mobil baru ini juga 3,5 inci lebih panjang dan lebar.

"Untuk urusan fitur tergantung dari negara masing-masing yang didasarkan pada kompetisi pasar dan habit orang Indonesia. Untuk sementara, kami belum bisa sebutkan," imbuh dia.

Di sektor jantung mekanis, CR-V mengemas mesin 1,5 liter, empat silinder yang menjanjikan tenaga 190 TK dan daya puntir 242 Nm. Torsi puncak bisa dirasakan pada 2.000-5.000 rpm.

Selain mesin 1,5 liter dengan turbo, jenama Jepang ini juga mempertahankan mesin naturally aspirated 2,4 liter, empat silinder dengan tenaga 184 Tk dan 244 Nm. Dua opsi mesin itu dikawinkan transmisi otomatis CVT.

Dikatakan, CR-V menjadi model pertama dengan sistem automatic shutter grille, yang menekan hambatan aerodinamika. Sementara daytime running light (DRL) kini berbasis LED dengan desain memanjang di tepi headlamp yang juga berbasis LED.

Laiknya mobil-mobil Eropa, untuk membuka pintu belakang, bisa melalui remote atau dengan cara menendang bumper mobil.

Menyoal fitur keselamatan aktif, Honda CR-V telah diperkuat collision-mitigating braking, road-departure mitigation, adaptive cruise control, dan lane-keeping assist. Tak luput ada blind-spot detection, a rear cross-traffic monitor, juga automatic highbeam headlights.

Sementara itu, HPM, kata Jonfis, berencana memproduksi CR-V generasi terbaru itu di Indonesia.

<\/div>