Sukses

Lawan Arus, Mazda Ekspansi AS dengan Mobil Bermesin Diesel

Mazda akan memperkenalkan model mesin Diesel di Amerika Serikat (AS) pada tahun fiskal 2017. Harapannya akan ada peningkatan penjualan.

Liputan6.com, California - Mazda akan memperkenalkan model mesin Diesel di Amerika Serikat (AS) pada tahun fiskal 2017. Informasi ini diketahui melalui orang dalam perusahaan.

Rencananya, informasi resmi ini akan diumumkan pabrikan asal Jepang itu akhir pekan ini, di Los Angeles Auto Show.

Sumber tersebut, dikutip dari Asia Nikkei, Senin (14/11/2016), mengatakan bahwa Mazda percaya permintaan terhadap kendaraan bermesn Diesel tetap kuat di AS, meski ada kasus manipulasi mesin Diesel yang dilakukan Volkswagen (VW).

Sementara pabrikan lain justru berkembang ke arah sebaliknya. Mereka sedang beralih dari mesin Diesel ke mesin yang lebih bersih. Menurut sumber itu, Mazda tak mau mengikuti permainan pabrikan lain dan tetap konsisten atas apa yang diyakininya.

Pabrikan asal Jepang yang dikenal punya mesin Diesel yang relatif sedikit mengeluarkan polutan tersebut berencana memperkenalkan dua model Diesel tahun depan. Harapannya penjualan sebanyak 50 ribu unit per tahun bisa tercapai.

Untuk tahap awal, Mazda akan memperkenalkan pembaruan untuk model CX-5 bermesin bensin. Versi Diesel dari model ini juga akan diluncurkan pada musim panas nanti. Kemudian akan ada pula versi Diesel untuk sedan Mazda 6.

Sebagai informasi tambahan, mesin Diesel sendiri memang membantu Mazda memperluas pangsa pasarnya, terutama di Jepang sejak 2012. Saat itu, mobil Diesel per tahunnya hanya terjual 10 ribu unit, namun pada 2015 jumlahnya telah mencapai 153 ribu unit, di mana Mazda menguasai pangsa pasarnya hampir 70 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini