Sukses

Dulunya Buat Jailbreak, Sekarang Bikin Program Otonomos

George Hotz, hacker AS akan menjual alat yang membuat mobil biasa jadi seperti mobil otonomos.

Liputan6.com, California - George Hotz, hacker legendaris asal Amerika Serikat (AS), berniat untuk menjual upgrade kit seharga US$ 999 pada akhir tahun ini. Alat ini, menurutnya, akan mentransformasi mobil biasa menjadi otonomos.

Maksudnya, saat alat ini ditanam, maka mobil biasapun akan punya fitur-fitur layaknya mobil otonomos seperti self driving.

Dilaporkan latimes.com, alat ini pertama-tama kompatibel dengan model Acura ILX, lalu kemudian baru bisa diaplikasikan pada mobil lain.

Selain US$ 999, nantinya pemilik mobil yang mau menggunakan alat ini juga harus membayar US$ 24 per bulan untuk pembaruan perangkat lunak. Tentu ini lebih murah jika dibandingkan dengan membeli mobil yang punya fitur otonomos sebagai standar.

Rencana ini ternyata tak disukai semua pihak. Banyak pabrikan yang tidak menyetujui rencananya, termasuk juga regulator keselamatan.

Ia bahkan dipanggil langsung oleh Highway Traffic and Safety Administration AS untuk menginformasikan bagaimana sebetulnya cara kerja alatnya ini. Ia juga dimintai tanggung jawab hukum jika terjadi sesuatu di kemudian hari.

Hotz jelas tidak suka. Menurut pria berusia 27 tahun ini, dirinya adalah pribadi yang "lebih sika menghabiskan hidup membangun teknologi menakjubkan daripada berurusan dengan regulator dan pengacara."

Hotz pertama kali memperoleh ketenaran sebagai hacker saat dirinya menulis program `jailbreak` untuk iPhone. Ia juga pernah meretas PlayStation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.