Sukses

Ford Punya Teknologi Anti-Tabrakan, Kapan Meluncur?

Ford kabarnya akan memperkenalkan fitur keselamatan baru yang bisa mencegah tabrakan.

Liputan6.com, Detroit - Salah satu yang `dijanjikan` oleh pabrikan otomotif manapun di dunia adalah kendaraan yang semakin aman. Faktor pentingnya adalah teknologi yang terus menerus berkembang dan diaplikasikan pada kendaraan.

Apa yang disebut aman salah satunya adalah minimnya potensi kecelakaan. Beragam cara dilakukan oleh pabrikan, salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi pengereman otomatis jika terdeteksi ada objek berbahaya di depan.

Apa yang dilakukan Ford agak berbeda. Alih-alih berhenti, mereka justru menawarkan sistem keselamatan yang memungkinkan mobil pindah arah dalam kondisi mendesak, misalnya saat kendaraan lain berhenti mendadak dengan jarak terlampau dekat.

Melansir motoring.com.au, Jumat (4/11/2016), Ford mengatakan bahwa fitur ini "akan segera ditawarkan." Disebutkan kalau model Ford apapun yang eksis sekarang bisa menerapkan teknologi semi-otonomos ini.

Lebih jauh, dijelaskan bahwa teknologi ini dapat berfungsi karena adanya dua perangkat utama: kamera radar, serta rem depan otomatis. Kamera bertugas untuk menilai kondisi jalan, sementara rem depan akan berfungsi saat dibutuhkan.

Teknologi semi-otonomos sebetulnya juga telah diperkenalkan pabrikan lain. Tesla Motor misalnya, telah beberapa bulan lalu memperkenalkan fitur Autopilot yang memungkinkan kendaraan bergerak sendiri, meski tetap perlu manusia di belakang kemudi.

Agar masyarakat lebih paham teknologi ini, pabrikan asal Amerika Serikat (AS) tersebut pun melansir video penjelasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.