Sukses

Inilah Mobil Diesel Tercepat Dunia

Bentley meluncurkan Bentayga Diesel. Mobil ini jadi mobil Diesel yang tercepat di dunia.

Liputan6.com, London - Bentley, pabrikan mobil mewah asal Inggris yang merupakan anak perusahaan Volkswagen Group, meluncurkan mobil Diesel untuk pertama kalinya. Mesin ini ditanamkan pada sport utility vehicle (SUV) andalan, Bentayga.

Melansir telegraph.co.uk, Jumat (23/9/2016), model ini dikembangkan bersama anak perusahaan VW yang lain, Audi. Untuk mencapai 100 km/jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 4,8 detik, sebelum sampai pada kecepatan maksimal 270 km/jam. Data di atas kertas ini membuat Bentayga ini sebagai mobil Diesel tercepat di dunia.

Kecepatan tersebut berasal dari mesin triple turbocharged 4,0 liter V8, yang juga digunakan pada mobil Audi SQ7. Mesinnya sendiri keluarkan tenaga hingga 429 Tk dan torsi 900 Nm. Torsi yang begitu besar memang merupakan karakter khas mesin Diesel.

Sebagai pembanding, Bentayga standar menggendong mesin twin-turbo W12 6,0 liter yang hasilkan 600 Tk dan torsi 900 Nm. Di atas kertas dalam waktu 4,1 detik kecepatannya bisa mencapai 100 km/jam, serta punya kecepatan puncak 301 km/jam.

Baik Bentayga bensin ataupun Diesel sama-sama disandingkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

Laman drive.com.au menyebut, mesin Diesel V8 menggunakan sistem listrik 48 volt baru dan kompresor bertenaga listrik di dunia yang dapat mencegah turbo lag dan memastikan mesin menghasilkan daya maksimal di bawah 1.000 rpm.

Bukan hanya itu, Bentley juga mengklaim sistem pembuangan mobil ini telah direkayasa sedemikian rupa sehingga sangat `tenang` dan `halus`.

Bentley Bentayga Diesel telah ada di negeri asalnya. Sementara di tempat lain menyusul. Di Australia misalnya, mobil ini baru akan meluncur tahun depan, dengan harga diprediksi kurang dari US$ 400 ribu atau setara Rp 5,25 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini