Sukses

Porsche Macan? Bukan, Ini Zotye SR8

Meniru desain mobil-mobil milik brand ternama seakan menjadi hal yang lumrah di Tiongkok

Liputan6.com, Beijing - Meniru desain mobil-mobil milik brand ternama seakan menjadi hal yang lumrah di Tiongkok. Tak pelak "kebiasaan" ini membuat gerah pabrikan-pabrikan yang desain mobilnya dijiplak.

Baru-baru ini terungkap model tiruan dari Porsche Macan. Dilansir Carnewschina, Rabu (24/8/2016), mobil kloningan yang diproduksi lokal ini adalah Zotye SR8.
Disebutkan, mobil ini akan melakoni debutnya saat Chengdu Auto Show pada September nanti. Peluncuran resminya akan dilakukan tidak lama setelahnya.

Menyoal desain, SR8 benar-benar mirip Macan. Itu bisa dilihat dari model grill, bumper, lekukan bodi sampai spion. Headlamp dan foglamp sepertinya sengaja diubah agar terlihat tidak mirip 100 persen.

Bicara dimensi, keduanya memiliki sedikit perbedaan. SR8 memiliki panjang 4.744 mm, lebar 1.929 mm dan tinggi 1.647 mm dengan wheelbase 2.850 mm. Sementara panjang Macan 4.681 mm, lebar 1.923 mm, tinggi 1.624 mm dan wheelbase 2.807 mm.

SR8 hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.5 turbo berkekuatan 150 Tk dan 2.0 turbo dengan daya gedor 190 Tk. Kedua jantung mekanis tersebut dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan atau matik enam percepatan DCT.

Namanya juga kloningan, banderolnya tentu berada jauh di bawah model aslinya. Jika dirupiahkan banderol Macan mencapai miliaran rupiah, Zotye SR8 cuma Rp 176 jutaan sampai Rp 198 jutaan.

Sebagai informasi, sebelumnya pernah terjadi insiden di Tiongkok antara Landwind X7 dengan kloningannya, yakni Range Rover Evoque. Pemilik Landwind X7 sengaja menabrak versi aslinya lantaran diledek mobil yang ia kendarai sebagai model imitasi. Alhasil, fender depan crossover premium asal Inggris tersebut sampai dibuat penyok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini