Sukses

Solusi Otomotif: Xenia Ngelitik Setelah Minum Pertalite

Seorang pengguna Daihatsu Xenia mengeluhkan gejala ngelitik saat memakai bahan bakar jenis Pertalite. Kenapa bisa terjadi?

"Saya pengguna Daihatsu Xenia 1.300 cc tahun 2011 dengan kilometer 65.000. Setiap 5.000 km saya selalu ganti oli dan setiap 10.000 km selalu servis ke bengkel resmi (beres). Di tahun pertama dan kedua saya memakai Premium kemudian di tahun ketiga saya memakai BBM jenis Pertalite. Setelah memakai Pertalite mesin mobil terdengar ngelitik kalau gas diinjak agak spontan. Akhirnya saya mencoba memakai BBM jenis Pertamax sampai sekarang. Tetapi bunyi ngelitik ini masih ada. Apakah yang menjadi penyebabnya? Haruskah mobil saya turun mesin?" - Zainal-


Terima kasih atas pertayaannya Bapak Zainal.

Melihat kilometer 65.000 tahun 2011, Xenia Pak Zainal kalau saya ambil rata-rata dipakai kurang-lebih 18 kilometer/hari, apalagi dari Sidoarjo kerjanya ke Surabaya yang setiap hari terkena macet secara otomatis kecepatan rata-rata kendaraan 20-40 km/jam.

Hal inilah yang menyebabkan ruang bakar cepat terjadi penumpukan kerak karbon. Penggantian oli setiap 5.000 kilometer sangat baik dalam pelumasan mesin dan bukan penyebab terjadinya ngelitik di mesin.

Terkait keluhan Pak Zainal, berikut ada sejumlah hal yang bisa dilakukan:

  1. Ruang bakar mesin dibersihkan menggunakan bahan pembersih ruang bakar (carbon clean).
  2. Sekali-kali bila kondisi memungkinkan lakukan akselerasi dengan cepat agar gas sisa pembakaran terbuang dan tidak sempat menumpuk di ruang bakar.
  3. Apabila sudah dilakukan langkah (a) tapi masih terdengar ngelitik maka jalan terakhir adalah pembersihan ruang bakar secara manual, yakni bagian silinder head dibersihkan.
  4. Setelah melakukan langka (c) kendaraan bisa memakai bahan bakar Premium kembali, jangan lupa langkah (b) sering dilakukan.

Terima kasih
Salam

H Agus Mustafa

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir ia pernah menyabet juara 1 di ajang `National Toyota Technicians Skills Contest` dan menjadi wakil Toyota Indonesia di ajang 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.