Sukses

Solusi Otomotif: Motor Susah Hidup ketika Diselah

Bagaimana mengatasi motor yang susah hidup menggunakan selah ketika dalam kondisi dingin?

Saya mau tanya kenapa ketika motor dalam kondisi dingin susah hidup ketika diselah. Padahal aki baru ganti, starter nyala, dan servis juga rutin. Mohon solusinya -Nurfauzi-


Menjawab pertanyaan Nurfauzi, berkenaan dengan motor yang susah hidup, saya akan menjawab melalui dua kemungkinan, pada sistem bahan bakar karburator dan sistem bahan bakar injeksi.

Untuk karburator, ini terjadi karena setelan di karburator yang belum sesuai. Di mana komposisi bahan bakar dan udara tidak sebanding.

Sehingga dianjurkan pada stater pagi hari menggunakan choke (jika tersedia di motor). Cek elektroda busi dari hasil pembakaran (apabila pembakaran normal elektroda berwarna kecoklatan dan jika elektroda berwarna hitam atau putih ada indikasi proses pencampuran bahan bakarnya tidak sempurna sehingga mengakibatkan mesin sulit hidup), busi harus diganti setelah pemakaian 8.000 km.

Nah, untuk sistem injection, seharusnya sudah tidak ada kendala mesin susah hidup di kondisi dingin karena sudah dilengkapi sejumlah sensor, sepanjang tidak ada indikator gangguan di MIL (Malfuction Indicator Lamp) yang menyangkut pengoperasian throttle body maupun IACV (Idle Air Control Valve).

Demikian penjelasan saya semoga menjawab keluhan pertanyaan Anda.

Salam
Venus Adha

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.