Sukses

4 Kesialan Valentino Rossi Saat Balap di MotoGP

Rossi mengalami sejumlah insiden selama membalap di MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi pada akhir pekan lalu gagal menyelesaikan balap di sirkuit Mugello, Italia, akibat kerusakan mesin. Insiden tersebut bukanlah yang pertama kali menjadi kesialan pembalap berjuluk The Doctor ini.

Rossi, begitu panggilannya, telah beberapa kali mengalami insiden selama kariernya di MotoGP. Tidak hanya kendala teknis, pembalap yang memiliki nomor start 46 ini juga pernah mengalami kecelakaan. Rossi telah dua kali mengalami kesialan dalam balapan musim ini.

Ini daftar kesialan yang pernah dialami The Doctor:

Mugello, Italia

Kesialan lainnya yang dialami Rossi terjadi tepat pada akhir pekan lalu. Ia terpaksa mundur dari balapan karena motornya mengeluarkan asap pekat.

Penyebabnya ternyata masih serupa dengan yang ia alami saat balapan di Grand Prix Austin bulan lalu, yaitu kendala kopling. Kopling tidak mau terbuka karena mesin kehilangan pelumas dan antar bagian mesin mulai terkikis atau engine seize.

Menurut laman gasenginemagazine, penyebab engine seize di antaranya adalah karat, panas berlebih, oli tidak bekerja maksimal, hingga adanya benda asing di dalam silinder.

Kinerja mesin yang tidak maksimal disinyalir kesalahan mekanik Yamaha Movistar. YZR-M1 yang ditunggangi Lorenzo juga mengalami kendala yang sama saat sesi pemanasan pagi.

Austin, Amerika Serikat

Rossi mengawali kesialan pada musim ini saat balapan di sirkuit Austin, Amerika Serikat. Ia terjatuh pada tikungan kedua di lap ketiga akibat selip kopling.

"Saat start saya sial, kopling terbakar. Saya sedang di posisi tiga, tapi kopling terlalu selip jadi harus melambat untuk memperbaiki kinerja kopling dan saya kehilangan posisi," kata Rossi sebagaimana dilansir Foxsport.

Strategi Rossi yang sedikit melambat berhasil membuat kinerja kopling kembali normal. Namun kesialan berikutnya, Rossi kehilangan tenaga dari kopling yang kembali selip, padahal ia tidak merasa menggeber terlalu cepat.

Ia pun akhirnya terjatuh akibat kehilangan tenaga dan terpaksa tidak melanjutkan lomba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

Sepang, Malaysia

Rossi mengalami insiden kontroversial saat berlaga di Sepang, Malaysia, musim lalu. Ia dituduh sengaja menendang Marquez yang posisinya sangat dekat.

Insiden di lap ketujuh membuat Marquez terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan karena terkena kaki Rossi yang bergerak. Rossi mendapat hukuman pengurangan tiga poin dan memulai balapan dari posisi terakhir di balapan penutup GP Valencia.

Musim lalu Rossi menduduki peringkat pertama saat balapan di Sepang. Adanya insiden senggolan membuat posisi Rossi riskan karena sulit mendapat poin sempurna untuk menyegel gelar juara dunia. Ia pun terpaksa harus merelakan gelar juara direnggut oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Aragon, Spanyol

Rossi mengalami insiden serius saat balapan di Grand Prix Aragon musim 2014. Ia terjatuh di lap keempat saat bertarung memperebutkan posisi ketiga dengan Dani Pedrosa.

Saat itu ia akan memasuki tikungan ketujuh dan melebar ketika akan menyalip Pedrosa. Sayangnya, ban kehilangan traksi saat akan kembali ke jalur karena menginjak rumput buatan.

YZR-M1 yang ia tunggangi oleng dan membuat Rossi terpelanting. Ia terguling di gravel hingga pagar pembatas sirkuit. Rossi langsung divakuasi menggunakan tandu oleh pihak paramedis. Namun kecelakaan ini untungnya tidak membuatnya cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini