Sukses

Bukan Cuma Buat Mobil, Hyundai Ciptakan Baju Zirah ala Iron Man

Hyundai merilis perangkat robotik yang mirip seperti baju zirah Iron Man.

Liputan6.com, Seoul - Beragam teknologi yang tadinya hanya ada di cerita-cerita fantasi perlahan menjadi nyata berkat intensifnya riset yang dilakukan para ilmuwan. Ini terjadi di berbagai bidang, mulai telekomunikasi hingga transportasi.

Salah satu teknologi yang mungkin akan menjadi kenyataan adalah baju zirah Iron Man. Sebagaimana di dalam film, baju ini mampu meningkatkan kemampuan fisik penggunanya. Baju ini mungkin akan terealisasi di tangan Hyundai Motor.

Baru-baru ini, pabrikan asal Korea Selatan itu merilis foto yang menggambarkan seseorang menggunakan semacam robot biru yang menyelimuti sebagian tubuhnya. Orang ini dipotret sedang mengangkat benda semacam pintu dengan bantuan alat tersebut.

Alat ini dikembangkan oleh Hyundai bersama Kia Motors dan Hyundai Rotem. Sebagaimana baju Iron Man, dengan menggunakan alat ini seseorang dapat mengangkat benda berat yang umumnya sulit diangkat dengan tangan kosong.

"Kami sedang mengembangkan sebuah robot untuk tujuan komersil," ujar pejabat Hyundai, dikutip dari Koreabizwire, Senin (16/5/2016). "Pengembangan robot ini sejalan dengan visi Hyundai agar orang dan benda-benda bebas bermobilitas," tambahnya.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya ini menambahkan, perangkat ini manfaatnya dapat diperluas ke bidang lain, misalnya untuk perakitan kendaraan. Alat ini juga diproyeksikan dapat membantu orang tua yang sudah sulit berjalan.

Terdapat beberapa foto lain yang dilansir Hyundai. Satu foto isinya hanya `baju Iron Man` saja, serta foto lain yang meng-close up bagian tangan. Tidak dijelaskan lebih lanjut kapankah prototipe ini akan mulai diimplementasikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.