Sukses

Mobil Paling Laris yang Harganya di Bawah Rp 100 Juta

Berikut adalah mobil terlaris menurut data Gaikindo yang harganya tak lebih dari Rp 100 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun terakhir, segmen mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) sangat diminati masyarakat. Ada beberapa mobil-mobil keluaran baru yang harganya tak lebih dari Rp 100 juta.

Meski demikian, karena beberapa faktor, semakin sedikit mobil yang harganya di bawah seratus juta. Sejauh ini, hanya tinggal Suzuki, Datsun, dan Daihatsu yang masih konsisten menjual mobil dengan harga itu.

Padahal, beberapa tahun sebelumnya, Toyota dan Honda pun menjual mobil dengan harga di bawah Rp 100 juta. Mobil-mobil yang dimaksud adalah Toyota Agya dan Honda Brio Satya. Sekarang, dua model itu harganya sudah lebih dari Rp 100 juta.

Lantas, dari mobil-mobil murah itu, manakah yang paling laris? Bersumber dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), berikut ulasannya.

Paling Laris

Mobil murah di bawah Rp 100 juta paling laris sejak Januari hingga Februari 2016 adalah Daihatsu Ayla D+ (MT). Menurut data Gaikindo, mobil yang dirakit secara lokal ini telah terjual sebanyak 842 unit.

Menurut laman resminya, Daihatsu Ayla D+ (MT) dibanderol dengan harga Rp 99,25 juta. Ayla D+ menggendong mesin 3 silinder 998 cc yang hasilkan tenaga 87 Tk pada 6.000 rpm. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan electric power steering dan rem disc (depan) dan drum (belakang).

Di posisi kedua, ada Suzuki Karimun Wagon R tipe GA. Mobil yang tersedia dengan pilihan airbag dan non-airbag ini telah terjual sebanyak 180 unit sepanjang dua bulan pertama. Menurut laman Suzukimobiljakarta, Wagon R GA non-airbag dibanderol Rp 96,4 juta, sementara Wagon R GA airbag harganya Rp 98,4 juta.

Suzuki Karimun Wagon R tipe GA menggendong mesin 1,0 L DOHC injection. Mobil yang tersedia dengan empat pilihan warna dan lima kursi ini juga dilengkapi dengan AC, Power Steering, Immobilizer, Velg Steel, central lock, serta lampu multireflector dengan blue eyes.

Di posisi ketiga, kembali ada produk LCGC milik Daihatsu. Kali ini Daihatsu Ayla D MT. Mobil ini terhitung paling murah dibanding dua mobil sebelumnya. Menurut laman Daihatsu Jakarta, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 87 juta.

Data Gaikindo mencatat, dalam dua bulan pertama, mobil ini telah terjual sebanyak 30 unit. Dibanding D+, mobil ini fiturnya lebih minimalis atau sedikit. Misalnya, tidak ada pendingin udara sebagaimana model D+.

Belum laku

Selain mobil-mobil di atas, sebetulnya ada dua model lagi yang harganya di bawah Rp 100 juta. Dua model itu adalah Datsun Go+ Panca D (Rp 94,6 juta) dan Go Panca A (Rp 94,2 juta). Meski demikian, belum ada penjualan yang tercatat untuk keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.