Sukses

Besi Tua Land Rover Ini Dibanderol Hampir Rp 3,9 Miliar

Sebuah Land Rover rongsok dijual dengan harga sangat mahal, sekira Rp 3,93 miliar. Mobil offroad ini diklaim bersejarah.

Liputan6.com, Shropshire - Sebuah Land Rover yang lebih cocok disebut besi tua rongsokan dijual dengan harga sangat mahal, 200 ribu pound sterling atau sekira Rp 3,93 miliar. Anda pasti bertanya, kenapa harga rongsokan bisa semahal itu?

Menurut pemiliknya, sebagaimana dikutip dari This Is Money, Selasa (9/2/2016), Land Rover ini sangat bersejarah. Pemilik bernama Tim Hughes ini mengaku mobilnya adalah Land Rover pertama yang diproduksi dengan mesin Diesel, 15 Januari 1957.

Masalahnya, Hughes bahkan tidak menjual mobilnya dengan mesin Diesel yang dimaksud. "Mesin di belakang tidak asli tapi itu adalah Diesel dari periode yang sama," ujar Hughes. Ia juga mengaku ada beberapa bagian yang masih asli.

Bodi mobil, sebagaimana terlihat pada gambar, sangat buruk. Tentu kalaupun jadi dibeli, pemilik baru mobil ini harus melakukan restorasi habis-habisan.

Belum lagi beberapa bagian yang sudah tidak ada. Yang paling jelas tentu saja kaca. Sementara di interior, Hughes mengaku "berbagai potongannya hilang."

Dijelakan, kendaraan berwarna asli hijau ini sebelumnya dimiliki oleh seorang bernama Dyer asal Birmingham. Kemudian, mobil ini berpindah tangan ke salah satu warga Shropshire. Ia menggunakannya di peternakan sampai 1982. Setelah itu, mobil diklaim tidak pernah digunakan lagi, sebelum akhirnya diputuskan untuk dijual.

Untuk meyakinkan pembeli, Hughes pun melengkapi tunggangan tuanya ini dengan beragam dokumentasi, termasuk salinan catatan produksi. Di sana, memang tertulis inilah mobil pertama yang dibuat dengan mesin Diesel.

Sayang, sampai tulisan ini dibuat, Land Rover 1957 itu belum juga terjual. Mungkin memang harga yang dipatok tidak masuk akal untuk mobil yang bentuknya seperti itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.