Sukses

Di AS, Mazda Jadi Mobil Paling Efisien

Mazda menjadi pabrikan otomotif yang paling efisien di Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, California - Mazda menjadi pabrikan otomotif yang paling efisien di Amerika Serikat (AS). Penghargaan ini diperoleh dari Environmental Protection Agency (EPA), lembaga yang bertugas melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dengan cara menegakkan aturan yang disahkan kongres.

Melansir Leftlanenews, Kamis (17/12/2015), dalam laporan Light Duty Fuel Economy Trends, dijelaskan bahwa model-model Mazda rata-rata mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 29,4 miles per gallon (mpg) serta emisi 328 gram per mil.

Mazda sudah memperoleh penghargaan ini tiga kali berturut-turut. Keberhasilan ini tidak lain karena SkyActiv, sebuah rekayasa teknologi yang mampu menurunkan beban kendaraan dan meningkatkan efisiensi mesin.

Ini adalah penghargaan kesekian kalinya untuk pabrikan asal Jepang itu. Sebelumnya, MX-5 menjadi mobil terbaik di kampung halamannya sendiri setelah mengalahkan Honda S660 yang ada di urutan kedua.

Di posisi kedua ada Subaru dengan angka 27,6 mpg, diikuti oleh Hyundai, Honda, dan Nissan. Sementara itu, pabrikan asal AS tidak bisa berbicara banyak. Bahkan Fiat Chrysler Automobiles ada di posisi terbawah dengan angka hanya 20,8 mpg.

Secara keseluruhan, rata-rata konsumsi bahan bakar untuk kendaraan penumpang AS adalah 24,3 mpg. Sementara emisi karbon rata-rata ada di posisi 366 gram per mil. Jumlah ini tidak meningkat banyak dari tahun sebelumnya.

EPA percaya sebagian besar produsen akan melakukan sejumlah perbaikan. Mereka memprediksi, tahun depan rata-rata konsumsi bensin dapat menyentuh angka 24,7 mpg dan emisi karbon ada di level 360 gram per mil. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini