Sukses

VW Kodok Termahal Siap Dilelang, Berapa Harganya?

Volkswagen (VW) `Herbie` asli dibanderol dengan harga tidak kurang dari US$ 86.250 atau sekira Rp 1,2 miliar.

Liputan6.com, London - Volkswagen (VW) `Herbie` Beetle dibanderol dengan harga tidak kurang dari US$ 86.250 atau sekira Rp 1,2 miliar. Mobil ini siap jadi rebutan pada sebuah acara lelang yang digelar Bonhams dan Turner Classic Movies.

Melansir Worldcarfans, Senin (30/11/2015), VW Kodok lansiran 1963 ini adalah Herbie asli yang membintangi film Herbie Rides Again dan Herbie Goes to Monte Carlo. Keduanya merupakan film tentang mobil paling terkenal di dunia.

Salah satu keistimewaan yang dimilik mobil ini adalah ia adalah satu-satunya kendaraan yang cetakan bannya ada di Grauman Chinese Theater di Hollywood.

Cerita tentang mobil ini pun tidak kalah menarik. Dilaporkan, VW Kodok ini pernah hilang dalam beberapa dekade, sebelum akhirnya ditemukan di sebuah gudang di Florida beberapa tahun yang lalu.

Saat ditemukan, mobil ini masih dalam kondisi seperti di film. Misalnya, ada serangkaian sprocket dan katrol yang terhubung ke kolom kemudi. Ini memungkinkan mobil dikendalikan dari kursi belakang, untuk memberi kesan mobil bisa berjalan sendiri di dalam film.

Herbie ini diyakini sebagai VW Beetle yang paling mahal yang pernah dijual dalam sebuah lelang. Menariknya, kurang dari setahun yang lalu mobil inipun pernah dijual di eBay, tetapi dengan harga hanya US$ 55.200.

Herbie adalah film tentang VW Kodok yang sekuelnya pertama kali dirilis pada 1968 (The Love Bug). Beberapa film terus ditelurkan sampai sekuel terakhir berjudul Fully Reloaded dirilis pada 2005.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.