Sukses

Berkat Sistem Pengecatan Ramah Lingkungan, Mazda Raih Penghargaan

Mazda meraih penghargaan dari perdana menteri Jepang karena berhasil mengembangkan cat ramah lingkungan bernama Aqua-tech Paint System.

Liputan6.com, Tokyo - Mazda meraih penghargaan dari Perdana Menteri Jepang, Shinzō Abe, karena berhasil mengembangkan sistem pengecatan ramah lingkungan yang diberi nama Aqua-tech Paint System.

Melansir Paultan, Selasa (9/11/2015), sistem pengecatan ini berhasil mengurangi volatile organic compounds (VOC) sebanyak 78 persen dan emisi karbon dioksida yang dihasilkan selama proses pengecatan.

Teknologi ini juga memungkinkan pabrikan menciptakan warna desain yang lebih mumpuni, misalnya Soul Red. "Sistem ini dengan komprehensif memecahkan masalah lingkungan, kualitas, dan performa ekonomi," tulis laman tersebut.

Sebagaimana namanya, Aqua-tech merupakan teknologi pengecatan yang menggunakan bahan dasar air. Meski demikian, sumber tidak menjelaskan secara lebih terperinci bagaimana teknologi tersebut bekerja.

Melalui penghargaan ini, Mazda berharap teknologi serupa akan diterapkan pada seluruh industri yang melakukan pengecatan dalam proses produksinya, tidak hanya di sektor otomotif saja.

Ini adalah pertama kalinya pabrikan yang didirikan pada 1920 ini mendapat penghargaan langsung dari Perdana Menteri. Ke depan, mereka berjanji akan terus melakukan riset agar hasilkan teknologi yang lebih canggih.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.