Sukses

VW Group Hentikan Penjualan Mobil Bermesin Diesel 3.0 Liter

Model-model yang terkena imbas antara lain Audi A7, A6 Quattro, A8, A8L Q5, bersama dengan VW Touareg dan Porsche Cayenne.

Liputan6.com, California - Volkswagen Group dilaporkan menghentikan penjualan seluruh kendaraan bermesin diesel 3,0 liter TDI di Amerika Serikat. Penghentian penjualan ini turut diberlakukan pada merek Audi dan Porsche yang berada di bawah naungan VW Group.

Dilansir Leftlanenews, Jumat (6/11/2015), Environmental Protection Agency dan California Air Resources Board di awal pekan ini menemukan fakta kecurangan melalui perangkat 'penipu' emisi pada mesin diesel V6 di sedan dan SUV tahun produksi 2014 sampai 2015. EPA menemukan sekira 10 ribu kendaraan dengan mesin yang bermasalah tersebut dijual di Amerika Serikat.

Saat dikendarai dalam kondisi sesungguhnya, kendaraan tersebut menyemburkan emisi karbon dengan jumlah sembilan kali lebih banyak dari standar maksimal yang diperbolehkan.

Namun demikian, VW bersikukuh menyangkal tuduhan yang dilayangkan padanya. Pabrikan asal Jerman ini menyangkal pernyataan yang menyebutkan jika menggunakan perangkat lunak pada mesin diesel V6 3,0 liter untuk meminimalisir emisi.

Meskipun tidak setuju, perusahaan telah meminta jaringan dealernya untuk mengentikan penjualan kendaraan yang disokong mesin V6 TDI. Adapun model-model yang terkena imbas antara lain Audi A7, A6 Quattro, A8, A8L Q5, bersama dengan VW Touareg dan Porsche Cayenne.

"VW Group Amerika bersama dengan pihak regulator akan mengambil seluruh langkah yang diperlukan untuk menyikapi masalah yang terjadi, termasuk potensi dari masalah emisi," ujar pihak perusahaan dalam pernyataan resminya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini