Sukses

Ini 12 Kota Indonesia yang 'Aman' Buat Pengendara

IRSA kembali digelar untuk memberi penghargaan bagi kota atau kabupaten yang menerapkan tata kelola keselamatan di jalan terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Road Safety Award (IRSA) kembali digelar untuk memberi penghargaan bagi kota atau kabupaten yang menerapkan tata kelola keselamatan di jalan terbaik.

Pada IRSA 2015, terdapat 76 kota dan kabupaten yang turut ambil bagian. 61 di antaranya berpartisipasi melalui mekanisme pendaftaran dan sisanya merupakan rekomendasi dari pakar road safety.

Menurut Chief Executive Officer PT Asuransi Adira Dinamika, Indra Baruna, jumlah peserta IRSA tahun ini naik 64 persen dibandingkan tahun lalu.

Lebih lanjut, 61 kota dan kabupaten itu kemudian diseleksi dan terpilih 12 kota yang dinilai paling aman bagi pengendara.

Untuk penilaiannya, IRSA 2015 berpatokan pada lima pilar, yang sebagaimana ada pada Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK); Pilar Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User), dan penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response).

"IRSA tidak hanya sebuah penghargaan belaka. Namun, terdapat hal penting di dalamnya yaitu evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan seluruh finalis IRSA terpilih," kata Indra.

Adapun, IRSA tahun ini terdapat beberapa kategori penghargaan. Kategori kota sedang, kota besar, hingga kota metropolitan.

Nah, berikut 12 kota yang menjadi finaslis IRSA 2015:

1. Kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa; Surabaya, Tangerang, dan Tangerang Selatan

2. Kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa; Balikpapan, Probolinggo, Tasikmalaya

3. Kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa; Jepara, Tangerang, Klaten

4. Kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa; Hulu Sungai Selatan, Kudus, dan Karanganyar.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.