Sukses

Suzuki Jual Saham VW ke Porsche

Suzuki Motor dilaporkan telah menjual sahamnya sebesar 1,5 persen di Volkswagen Group ke Porsche Automobil.

Liputan6.com, Tokyo - Suzuki Motor dilaporkan telah menjual sahamnya sebesar 1,5 persen di Volkswagen Group ke Porsche Automobil. Dari transaksi ini, Suzuki mendapatkan untung sebesar US$ 304 juta.

Pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mengatakan, mereka telah menjual 4,397 juta saham biasa di VW. Semua dananya akan ditransfer pada 30 September nanti. Demikian laporan Automotive News, dikutip Senin (28/9/3015).

Melalui penjualan ini, saham Porsche di VW meningkat menjadi 52,2 persen. Sebelumnya, tingkat saham Porsche di VW memang selalu meningkat tiap tahun. Pada 2005 misalnya, porsi saham Porsche meningkat dari 5 persen jadi 20 persen.

Sebelumnya, Suzuki juga telah membeli kembali 19,9 persen saham melalui putusan pengadilan. Suzuki resmi mengambil kembali 19,9 persen sahamnya dari tangan VW senilai US$ 3,9 miliar. Keputusan ini dilakukan setelah pengadilan arbitrase internasional memerintahkan pabrikan Jerman tersebut untuk menjual sahamnya.

Tetapi, tidak dijelaskan apakah penjualan 1,5 persen saham ini merupakan bagian dari hasil pengadilan atau bukan. Yang jelas, transaksi ini terjadi pasca insiden penipuan emisi gas buang yang dilakukan VW.

Sebagai informasi tambahan, pasca kasus itu, saham VW turun drastis hingga 20 persen. Dilaporkan Reuters, saham mereka turun tepatnya 18,6 persen ke angka hampir 132,20 euro.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini