Sukses

Skandal Penipuan Bisa Buat Harga Mobil Turun?

Banyak implikasi lanjutan dari terbongkarnya kasus penipuan VW. Salah satunya adalah turunnya harga jual mobil.

Liputan6.com, California - Banyak implikasi lanjutan dari terbongkarnya kasus penipuan emisi gas yang dilakukan oleh Volkswagen. Salah satunya adalah turunnya harga jual mobil.

"Skenario terburuk dari kasus ini adalah menurunnya harga jual kembali, terutama model-model VW, 3 hingga 8 persen," ujar Eric Ibara, analis senior dari KBB, seperti dikutip dari CNN Money, Jumat (25/9/2015).

Hal yang sama juga diutarakan oleh Jessica Caldwell, analis dari Edmunds. "Harga jual akan lebih rendah karena risiko jangka pendek yang mereka tanggung. "Dealer juga sedang menunggu berita perbaikan dari VW," Imbuh Caldwell.

Meskipun begitu, Caldwell memprediksi, penurunan harga mungkin akan sampai hingga ratusan dolar, belum menyentuh angka ribuan dolar.

Terlepas dari itu semua, Ibara mengatakan jika kasus ini sangat berbahaya, bahkan jika dibandingkan dengan recall sekalipun. "Ini masalah yang lebih serius," ujar Ibara. "Saya pikir ancaman yang lebih besar untuk VW adalah reputasinya," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, selama ini VW adalah pabrikan nomor satu asal Jerman dengan reputasi yang sangat baik. Dengan adanya kasus ini, citra tersebut perlahan runtuh.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini