Tiga Mobil Hibrida Pemikat GIIAS 2015

Oleh Yongki Sanjaya pada 24 Agu 2015, 17:28 WIB
Toyota Mirai dan Alphard Hybrid Ikut Hebohkan GIIAS

Liputan6.com, Jakarta - Ajang GIIAS 2015 yang berlangsung pada 20-30 Agustus 2015 hadir dengan tema Smart Mobility for the Future. Selaras dengan tema utama, para agen pemegang merek yang turut serta pun menghadirkan kendaraan-kendaraan yang memiliki teknologi terdepan dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar.

Di antara mobil yang ditampilkan, hadir mobil dengan teknologi hibrida. Mobil jenis ini mengkombinasikan kerja mesin bensin dengan motor listrik untuk penggerak sehingga mampu menekan konsumsi BBM.

Mobil hibrida yang melenggang di GIIAS 2015 hadir dalam berbagai model. Mulai dari konsep, mobil premium, sampai dengan SUV mejeng di ICE, BSD City.

Berikut ini deretan mobil hibrida yang unjuk diri di GIIAS:

1. Toyota Alphard

PT Toyota Astra Motor (TAM) agen pemegang merek Toyota di Indonesia resmi menghadirkan New Alphard Hybrid. Sosok MPV premium ini menjadi kendaraan hybrid ketiga yang dipasarkan Toyota di Indonesia, setelah Prius dan Camry Hybrid.

Adapun New Alphard Hybrid berbasis New Alphard 2.5 tipe G. Varian hybrid ini menggunakan mesin 2AR-FXE, namun terdapat tambahan dua motor listrik yang ditempatkan di bagian depan dan belakang mobil. Oleh karena itu, penggerak utama New Alphard Hybrid adalah motor listrik.

New Alphard Hybrid memiliki output keseluruhan 150 Tk/6.000 rpm. Motor listrik di roda belakang tercatat 67 Tk, sedangkan daya pada roda depan 141 Tk.

1 of 2

Next

Deretan Mobil Hibrida yang Melenggang di GIIAS
Kendaraan hibrida mampu menekan konsumsi BBM.

2. Nissan X-Trail

Nissan X-Trail Hybrid merupakan SUV hybrid pertama di segmennya. Meskipun mengadopsi mesin hibrida, pabrikan mengklaim New X-Trail Hybrid tidak kehilangan tenaga besarnya.

New X-trail Hybrid mampu mengerahkan tenaga maksimum 183 Tk yang dihasilkan dari kombinasi mesin bensin 142 Tk dengan motor listrik 41 PS. Hasil tes yang dilakukan Nissan Global sebelumnya di Jepang memperlihatkan akselerasi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 10.1 detik. Performa ini setara dengan kemampuan X-Trail 2.5 CVT.

Dikatakan, baterai pada New Nissan X-Trail Hybrid menggunakan teknologi lithium ion berukuran compact namun memiliki output besar, serta kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Alhasil, pengalaman berkendara dengan motor listrik dapat dirasakan dalam waktu yang lama sehingga konsumsi bensin pun semakin efisien.

3. Lexus LF-LC

Foto: Sigit Tri Santoso/Liputan6.com

Lexus Indonesia untuk pertama kalinya ikut serta ke dalam gelaran otomotif di Indonesia melalui GIIAS 2015. Sebagai bentuk keikutsertaannya, Lexus Indonesia memboyong konsep supercar hibrida LF-LC.

LF-LC menampilkan bahasa desain baru Lexus dalam gaya yang berani namun tetap mempertahankan ciri khas spindle grille ala Lexus. Sementara itu, desain lekuk bodi diciptakan dengan gaya mengalir dengan sudut yang dinamis.

Kabarnya, coupe dengan konfigurasi kursi 2+2 ini menjadi senjata dari Lexus untuk melawan kedigdayaan Aston Martin DB9. Jika diproduksi, Lexus LF-LC akan dipersenjatai mesin V8 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 500 Tk.

(ysp/sts)

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait