Sukses

Top 5 Otomotif: Bahaya Meninggalkan Anak Dalam Mobil

Terlalu banyak orang menyepelekan hal yang sebenarnya sangat berbahaya, apalagi untuk anak balita.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu banyak orang menyepelekan hal yang sebenarnya sangat berbahaya. Misal meninggalkan anak sendirian dalam mobil. Ternyata, bila dibiarkan, dalam 10 menit anak bisa celaka. Penyebabnya beragam. Hal inilah yang menjadi sorotan pembaca pada Rabu (30/7).

Hal unik lainnya juga mengundang banyak perhatian selain berita tentang dua produsen Jepang yang tengah mengembangkan mesin kecil yang didukung dengan turbocharger sebagai penambah daya mesin. Apa saja yang popular kemarin, berikut ulasannya:

1. Jangan Tinggalkan Anak di Mobil, Bisa Celaka Dalam 10 Menit

Banyak orangtua kurang awas dalam memperhatikan anak-anaknya. Misalnya, meninggalkan mereka di dalam mobil. Tidak banyak yang tahu bahwa perilaku tersebut dapat membahayakan anak.

Menurut data dari Safe Kids Worldwide, sejak 1998, lebih dari 600 anak di seluruh dunia meninggal karena serangan panas saat ditinggalkan di dalam mobil.

"Anak-anak tidak boleh ditinggalkan di dalam kendaraan," kata Dr Mary Thorpe, dokter di rumah sakit anak Boston, Amerika Serikat (AS) dikutip dari CBS News, Rabu (29/7/2015).

2. Aksi Perempuan Paruh Baya Cicipi Mobil Terbuas Sejagat

Dodge Charger SRT Hellcat menjadi salah satu muscle car tercepat sejagat saat ini. Mobil yang mendapat sentuhan dari divisi modifikasi Dodge, High Horse Poerformance menjanjikan performa yang tak dapat terbantahkan.

Di atas kertas. Dodge Charger SRT Hellcat dipersenjatai mesin V8 berkapasitas 6,2 liter HEMI dengan dukungan supercharged. Daya maksimal yang mampu dilontarkan sebesar 730 Tk.

Namun, buasnya mesin muscle car berlogo kepala kambing ini rupanya tidak membuat seorang perempuan paruh baya gentar. Bahkan, ia tertantang untuk menggeber Charger SRT miliknya di suatu arena.

3. Bintang The Matrix Sowan ke Pit Kawasaki

Keanu Reeves yang merupakan bintang Hollywood diketahui begitu menggilai dunia otomotif khususnya roda dua. Bahkan belum lama ini dirinya memperkenalkan sepeda motor custom garapannya yang diberi nama Arch KRGT-1.

Baru-baru ini, aktor yang dikenal lewat perannya dalam trilogi The Matrix itu juga sempat menjajal motor garapannya tersebut di sirkuit Suzuka, Jepang. Ia mengitari dua putaran di lintasan balap yang saat itu tengah berlangsung event Suzuka 8 Hours pada 23–26 Juli 2015.

4. Fiat Uno Digotong Akibat Parkir Sembarangan

Kebiasaan parkir mobil sembarangan kerap merugikan pengguna jalan lain termasuk pengendara sepeda. Di Brasil, sebuah mobil yang parkir sembarangan bahkan langsung digotong oleh pesepeda yang melintas.

Dilansir Autoevolution, Rabu (29/7/2015), Fiat Uno ini parkir menghalangi lajur khusus sepeda. Akibatnya, pesepeda kesulitan melintas karena jalurnya menyempit.

Menyadari kondisi tersebut, seorang pesepeda yang sedang melintas memutuskan untuk berhenti dan menggeser mobil itu agar tidak menghalangi lajur. Tak tanggung-tanggung, bagian belakang Fiat Uno tersebut diangkat dengan tangan kosong.

5. Volkswagen Jadi Pabrikan Mobil Nomor Satu Dunia

Volkswagen berhasil melampaui jumlah penjualan mobil Toyota sepanjang tahun ini. Keberhasilan perusahaan asal Jerman itu menobatkannya berada di posisi puncak peringkat dunia untuk perusahaan sejenis.

Data penjualan Volkswagen menunjukkan sebanyak 5,04 juta kendaraan terjual sepanjang Januari hingga Juni 2015. Sementara Toyota hanya berhasil menjual 5,02 juta kendaraan untuk periode yang sama.

(sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.