Sukses

Volkswagen Jadi Pabrikan Mobil Nomor Satu Dunia

Volkswagen berhasil melampaui jumlah penjualan mobil Toyota sepanjang tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen berhasil melampaui jumlah penjualan mobil Toyota sepanjang tahun ini. Keberhasilan perusahaan asal Jerman itu menobatkannya berada di posisi puncak peringkat dunia untuk perusahaan sejenis.

Data penjualan Volkswagen menunjukkan sebanyak 5,04 juta kendaraan terjual sepanjang Januari hingga Juni 2015. Sementara Toyota hanya berhasil menjual 5,02 juta kendaraan untuk periode yang sama.

Para produsen otomotif saat ini mengalami tantangan kondisi pasar yang melemah setelah ekonomi China dan Rusia tidak sekuat tahun lalu.

Pihak Volkswagen, yang juga memiliki Audi dan Porsche, menyebut keberhasiannya ini sangat memuaskan di tengah kondisi ekonomi global yang sulit.

Direktur Penjualan Volkswagen Christian Klingler sebelumnya menyebut, seperti ditulis CNNMoney, pasar otomotif di China sedang sulit.

Padahal di Negara Tirai Bambu itu, Volkswagen memiliki pangsa pasar terbesar. Dalam tengah tahun ini penjualan di sana turun empat persen. Untungnya, penjualan di Amerika Utara naik enam persen.

Toyota juga mengalami kenaikan penjualan di Amerika Serikat (AS). Namun, perusahaan mengalami banyak penarikan produk karena kesalahan sistem airbag. Jutaan kendaraan Toyota yang dipasarkan secara global terpaksa ditarik kembali karena kekhawatiran sistem airbag yang mudah meledak.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.