Sukses

Mobil Wah Hasil Cetakan Printer Pertama di Dunia

Local Motors asal Amerika Serikat (AS) berhasil menciptakan supercar pertama di dunia yang dibuat menggunakan mesin printer 3D.

Liputan6.com, Phoenix - Sebuah perusahaan bernama Local Motors asal Amerika Serikat (AS) berhasil menciptakan supercar pertama di dunia yang dibuat menggunakan mesin printer 3D. Supercar tersebut diberi nama DM Blade.

Tetapi, sebagaimana yang dilaporkan Motorauthority, mobil super ini tidak sepenuhnya dicetak menggunakan printer 3D. Hanya bagian sasis saja yang dibuat menggunakan printer tersebut. Dengan bahan serat karbon, sasis mobil ini menjadi sangat ringan.

Selain itu, tiap komponen lain seperti suspensi, baterai, motor, dan kabel dari mobil ini dibuat menggunakan cara standar. Jadi, mobil super ini tidak bisa disebut seluruhnya terbuat dari printer 3D.

Di balik kap, DM Blade ditanamkan mesin turbocharged empat silinder yang mampu hasilkan 700 Tk. Dengan mesin tersebut ditambah bobot yang ringan, DM Blade mampu berakselarasi hingga 100 km/jam hanya dalam waktu sekira 2 detik.

Local Motors asal Amerika Serikat (AS) berhasil menciptakan supercar pertama du dunia yang dibuat menggunakan mesin printer 3D (Foto: Motorauthority).

Sebelumnya, pabrikan yang sama pernah menciptakan mobil yang sebagian besar komponennya memang terbuat dari printer 3D. Adapun proses pencetakannya memakan waktu sekira 44 jam tanpa henti.

Printer 3D saat ini memang menjadi cara tersendiri untuk memenuhi beragam kebutuhan. Selain mobil, printer 3D juga pernah digunakan untuk motor, powertrain Toyota skala kecil, hingga jembatan penyebrangan.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini