Melihat 7 Jalan Paling Berbahaya di Dunia

Oleh Gesit Prayogi pada 08 Jun 2015, 19:37 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Meski menjanjikan pemandangan yang indah, jalan-jalan menuju 'surga' dunia ini tak luput dari bahaya.

Jalan-jalan itu umumnya bersembunyi di daerah yang keras, seperti jurang hingga areal pegunungan yang masih perawan. Lokasinya pun beragam, ada yang di India, Pakistan, juga China. Dilansir dari situs Redbull, Senin (8/8/2015), berikut tujuh jalan paling berbahaya di dunia:

1. Karakoram Highway

Masuk sebagai kategori jalan aspal tertinggi di dunia, Karakoram Highway berada di Pakistan dengan ketinggian 4.700 meter di atas permukaan laut.

Karakoram Highway

Jalan ini bisa dibilang surga bagi yang suka menaklukan pegunungan. Tapi, jangan coba-coba menyisiri jalan ini sendiri tanpa ada orang yang mengetahui medan.

2. North Yungas Road

Bolivia juga menyimpan eksotisme alam yang patut dijamah. Tapi, bila Anda mengunjungi Nort Yugas Road yang berada di ketinggian 4.650 meter di atas permukaan laut, perlu ekstra hati-hati.

North Yungas Road

Bisa dilihat sendiri bagaimana resiko ketika melintas Nort Yugas Road. Salah-salah kendaraan yang Anda tumpangi bisa terperosok ke jurang dalam dan nyawa pun jadi taruhannya.

3. Dalton Highway

Sebuah momen berhasil diabadikan seorang fotografer bernama Patrick Endres memperlihatkan truk tangki tengah melintasi Dalton Highway yang lincin tertutup salju.

Foto: Patrick Andres/Alaska Photo Graphics

Jalan dengan nama lengkap James W. Dalton Highway ini memiliki panjang 666 km. Untuk meluntasinya, Anda disarankan membawa bekal yang cukup.

4. Guoliang Tunnel Road

Namanya mungkin sudah tak asing di telinga segelintir orang. Lebarnya hanya tak lebih dari empat meter. Mobil yang melewati jalan ini akan menghadapi sejumlah terowongan. Jalan ini memiliki panjang 1,2 km dan berada di China.

Guoliang Tunnel Road

5. Tianmen Mountain Road

Satu lagi jalan yang berlokasi di China masih ke dalam kategori paling berbahya. Tianmen Mountain Road memang dikenal sebagai jalan yang memiliki lanskap indah. Tapi ada pengorbanan yang perlu dibayar untuk menikmati eloknya pemandangan.

Tianmen Mountain Road

Selain harus ekstra hati-hati karena jalannya yang sempit dan berada di pinggir jurang, Anda juga harus menaklukkan 99 tikungan tajam dengan tiupan angin 11 km/jam pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

6. Zojila Pass

Melewati gang sempit pastinya sudah membuat jengkel, bukan? Tapi bila Anda harus mengendari mobil besar untuk melewati Zojila Pass yang berada di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut, apakah sanggup?

Ya, bagi Anda yang phobia ketinggian jangan coba-coba melewati rute ini. Jalanan yang hanya muat satu kendaraan berada di pengunungan batu dan jurang pasti perlu keahlian khuusus untuk menaklukannya.

Foto: Blaine Harrington

Lihat saja, sebuah foto hasil jepretan Blaine Harrington yang menggambarkan dua truk Tata harus melewati jalan dan antri di belakang sekerumunan kambing sudah cukup menggambarkan bagaimana tingkat bahaya jalan ini.

7. Rohtang Pass

Getty Images/Moment RM

Longsor menjadi ancaman utama ketika melintas Rohtang Pass yang ada di India. Tak bisa setiap waktu melewati jalan yang berada di 4.000 meter di atas permukaan laut ini. Pasalnya, waktu terbaik dan paling aman adalah Mei-November di tiap tahunnya.

(gst/sts/ian)

Tag Terkait