Sukses

Enam Fakta Unik Mobil Tercepat Sejagat 'Justin Bieber'

Performa dan pesona Bugatti Veyron sukses menyihir orang berduit dunia, termasuk penyanyi pop Justin Bieber.

Liputan6.com, Jakarta - Bugatti Veyron dinobatkan sebagai 'Car of the Decade and best car award (2000-2009)' versi Top Gear. Titel itu memang pantas disandang mobil sport yang dirakit di Molsheim, Prancis.

Menurut Guinness World Record, Veyron merupakan model Super Sport jalanan yang pernah diproduksi di dunia. Kecepatan maksimumnya 431 km/jam. Pun demikian pada versi Grand Sport Vitesse, kecepatan rata-ratanya 408 km/jam dalam sebuah pengujian pada 6 April 2013.

Performa dan pesona Bugatti Veyron sukses menyihir orang berduit dunia, termasuk penyanyi pop Justin Bieber.

Mobil yang cuma diniagakan sebanyak 450 unit ini pun punya sederet fakta unik. Dikutip dari Jalonik, berikut uraiannya:

1. Kisi-kisi udara berbahan titanium

Bugatti Veyron

Awalnya, kisi-kisi udara menggunakan material alumunium. Namun ketika pengujian pada kecepatan tinggi Veyron mengalami masalah. Singkat cerita, Bugatti Automobiles S.A.S akhirnya memilih bahan titanium agar tak ada masalah ketika 'jet darat' ini menunjukkan performanya di jalan.

2. Indikator produksi tenaga

Bugatti Veyron

Di Veyron, Bugatti menyediakan sebuah parameter untuk memperlihatkan berapa banyak tenaga yang diproduksi oleh mobil. Dikatakan hanya perlu tenaga 270 Tk untuk melaju 249 km/jam.

3. Berlian

Bugatti Veyron

Sebagai mobil paling mentereng. Veyron tentunya bisa dipesan dengan sejumlah opsi khusus, termasuk berlian pada komponen jarum pada spidometer.

>>>Klik laman berikutnya (4-6) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next


4. Trik mencapai kecepatan maksimum

Untuk mencapai kecepatan di atas 407 km/jam ada sejumlah trik khusus. Pertama pastikan Anda melaju di jalur lurus yang memadai.

Tak cuma sekadar injak penuh pedal gas, pengemudinyanya pun harus mengaktifkan kunci khusus yang ada di samping kursi pengemudi. 

Bugatti Veyron

Setelah kunci aktif, bodi mobil dikondisikan untuk turun 2,4 inci, penurunan sudut spoiler sebesar 2 derajat, menutup flap pada diffuser depan dan menjaga mobil melaju dalam kondisi lurus. Bila teknik ini diterapkan betul, bukan tidak mungkin Anda bisa meraih kecepatan maksimum Bugatti Veyron.

5. Biaya perawatan selangit

Veyron yang mendapuk titel "jet darat" pastinya punya perlakuan khusus dalam hal perawatan. Untuk biaya misalnya, sejumlah pemilik harus mengalokasikan tak kurang dari US$ 300 ribu per tahun.

Dijelaskan, mobil ini menggunakan ban Michelin Pilot Sport 2s yang dijual US$ 42 ribu per set; di mana ban ini harus diganti setiap 2.500 mil. Sementara untuk penggantian oli dikenakan biaya US$ 21 ribu.

6. Diragukan 

Ferdinand Piech yang tak lain cucu dari Ferdinand Porsche, pemegang 10 persen saham Porsche yang juga mantan petinggi VW Group, merupakan sosok yang bertanggung jawab atas lahirnya Veyron. 

Ferdinand Piech

Ia tak percaya akan ada satupun mobil dengan kekuatan 1.000 Tk berkeliaran di jalan. Namun nyatanya, Bugatti telah memasarkan seluruh unit yang ada yakni 450 Veyron.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini