Sukses

Kenguru, Mobil Ramah Bagi Pengguna Kursi Roda

Mobil listrik Kenguru didesain bagi para penyandang disabilitas, terutama pengguna kursi roda.

Liputan6.com, Texas - Kendaraan bermotor, baik motor atau mobil, saat ini memang masih tidak ramah bagi penyandang disabilitas. Kalaupun dapat mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas, maka biaya yang dikeluarkan untuk modifikasi sangat mahal.

Latar belakang tersebutlah yang mendorong Istvan Kissaroslaki dan Stacy Zoern menciptakan mobil yang ramah bagi penyandang disabilitas, terutama bagi mereka yang menggunakan kursi roda. Mobil listrik ini diberi nama "Kenguru".

Melansir Engineering pada Jumat (24/4/2015), keduanya kemudian mencari investor yang mau mengembangkan mobil ini. Akhirnya, dengan modal investasi US$ 4 juta dan waktu pengerjaan hingga 18 bulan, mobil ini pun hadir pertama kali di tahun 2010.

Apa yang membuat mobil ini sangat berguna bagi pengguna kursi roda adalah bagian belakangnya dapat dibuka penuh. Jadi, pengguna kursi roda bisa langsung masuk ke mobil melalui bagian belakang tersebut.

Kebanyakan kendaraan yang dilengkapi fasilitas untuk pengguna kursi roda masih membutuhkan orang lain baik untuk mendorong atau menjaga pengguna agar tidak terjatuh. Sementara mobil ini tidak sama sekali. Rata-rata,diperlukan waktu 10 detik untuk masuk ke mobil dan siap berangkat.

Kenguru dibanderol dengan harga antara US$ 20 ribu hingga US$ 25 ribu atau sekira Rp 260 hingga Rp 323 juta (Kurs: Rp 12.938/US$). Kabarnya, mobil ini akan dijual massal di tahun ini, meskipun belum jelas kapan persisnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini